Langsung ke konten utama

Mengajarkan Anak Berempati Besar Sekali Manfaatnya... Dan Begini 3 Langkah Mudah Mengajarkan Empati Pada Anak

Jendela Arlian - Haloooo Bunda, Semoga kabar baik selalu menemani kita ya...

Bagaimana kabar putra putinya yang semakin pintar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya bunda...

Ya, Kesehatan dan Kebahagiaan adalah doa yang selalu saya panjatkan untuk kedua cantik cantikku, karena dengan kesehatan mereka bisa melakukan segala aktivitas sehari hari yang super padat.

Dan dengan Kebahagiaan mereka bisa mengerjakan semua aktivitas dan mendapat banyak ilmu baru yang dengan senang hati mereka terima dengan berinteraksi dengan berbagai orang karena adanya kebahagiaan di hati mereka.

Itu kalo saya.....

Mombassador Berbagi Di Pesta Keboen  Semarang


Tapi benar lho Bunda, kalo anak anak bahagia mereka dapat melakukan segala aktivitas dengan senang hati dan yang lebih penting mereka dapat berinteraksi dan berempati dengan orang sekeliling dengan baik, coba saja kalo hati mereka jengkelatau sedih itu akan sangat mempengaruhi perilaku mereka, Tentunya mereka pun tak dapat berempati juga dengan sekeliling karena sibuk dengan perasaannya sendiri.

Nah, Semoga anak anak kita selalau bahagia agar dapat berempati dengan sekelilingnya dengan baik ya bunda...

Berempati??? apa ya itu???

Ketika penerimaan raport Kak Verda kelas 3 akhir tahun pelajaran kemarin,saya konsultasi dengan guru kelasnya, Dan diluar dugaan ternyata guru kelas 3 kak Verda ini begitu mengapresiasi empati kak Verda " saya senang lho mah, dengan perhatiannya, yang memang akademiknya rata rata tapi perhatian dan empati pada yang lain itu luar biasa, sering banget dia bantu saya kalo pas saya lagi kerepotan, sering juga Verda nyapa saya ato sekedar bertanya Apa kabar Bu Intan" Begitu cerita guru kelasnya...

Amazing banget dengar cerita begitu Ternyata Kak Verda tumbuh menjadi anak bisa berempati dengan yang lain.

Hal ini tidak begitu saja timbul lho Bunda, Tentu ada proses dan ini bisa terwujud dengan konsisten kita sebagai orang tua mengajarkan anak bagaimana cara berempati pada yang lain.


Sekedar sharing ya Bunda, begini cara mengajarkan Empati anak sejak dini:

Seperti yang dilansir dari wikipedia, empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain. 


1. Memberi Contoh Yang Konkrit


Layaknya mesin fotocopy, anak juga perlu contoh yang konkrit yang didapatkan dari kita. 

misalnya kita mengajak anak anak menjenguk temannya yang sakit dirumah, denagn begitu mereka bisa mengerti bagaimana rasanya jika sakit ditengok oleh temannya dan ikut merasakan kebahagiaan mereka ketika kita membawa buah tangan yang tak seberapa, yang penting adalah menanamkan ikut merasakan apa yang orang lain rasakan, Pun ketika temannya bahagia mendapat juara kita juga mesti mengajak mereka memberi selamat dan ikut berbahagia.


2. Mengucap Terima Kasih Dan Memuji Hasil Kerja Orang Lain

Selalu ajarkan kata sakti ini Bunda 'Terima Kasih' ya karena dari kata sakti ini anak akan mensyukuri setiap hal kecil yang ia terima dari orang lain.

Selain sopan, mengucapkan terima kasih juga bisa membuat orang lain merasa dihargai. Tanamkan hal ini pada anak sejak dini, agar ia tahu pentingnya berterima kasih untuk setiap hal yang ia terima di dunia ini. Misalnya mengucap terima kasih pada Ayah karena mau pulang lebih awal untuk membantu mengerjakan prakarya dari sekolah.

Mombassador Berbagi Di Pesta Keboen  Semarang
Mombassador Berbagi Di Pesta Keboen  Semarang


3. Melibatkan Anak dalam Kegiatan Sosial

Empati selalu berhubungan erat dengan kepedulian kita terhadap orang lain, jadi tidak heran empati kerap dikonotasikan terhadap kegiatan sosial. Tapi memamg benar ya Bunda, cara ini memang sangat efektif untuk menumbuhkan rasa empatinya. Datang ke panti asuhan, atau pun ke sebuah yayasan di mana banyak anak-anak yang kurang beruntung, bisa membantu anak-anak kita untuk lebih berempati dan tentunya belajar bersyukur.

Maka ketika saya mendapat undangan dari SGM di #BundaBerbagi dengan anak anak Panti Asuhan umtuk para Mombassador di Semarang yang lalu saya mengajak Kak Verda dan Dek Zerli agar mereka juga bisa ikut berbagi kebahagiaan dengan yang lain. 

Semoga cerita saya ini bisa menginspirasi ya Bunda, karena dengan berempati anak anak bisa lebih dihargai oleh orang orang di sekelilingnya dan otomatis itu membuat energi positif anak pun menjadi kuat untuk terus melakukan kebaikan kebaikan selanjutnya.

Tetap syemangat Bunda mendidik anak anak kita agar menjadi Generasi Maju









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund..
Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund?
Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM?
Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun
Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi.
Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda.

Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai. 
Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut.
Dan pada 2012, PT Sari Husada mengubah nama menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika. Selain misi bisnis, Sarihusad…

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian - Bunda, Pernah dengar Faltering Growth??

Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan

Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan agar berat badan anak tidak berlanjut menurun. Anak balita mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga memerlukan zat…

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian - Halooo Bunda..
Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund?
jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri.



Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan.
Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.
Dan SGM Aktif ini hadir dalam 2 rasa yang pastinya jadi favorit Si Kecil yaitu rasa coklat dan stroberi.

J…