Langsung ke konten utama

Tips Melatih Kepercayaan Diri Anak Agar Mau Tampil Di Depan Umum

Jendela Arlian - Impian Orang Tua adalah melihat anak anak nya bisa tumbuh hebat baik untuk dirinya sendiri maupun di masyarakat dan tentu saja banyak proses yang harus dilalui untuk mewujudkan itu, Bukankah demikian Bunda?


Bakat anak itu memang harus diasah dan dilatih sedini mungkin agar tumbuh berkembang dengan baik dan semakin bersinar ketika anak sudah mencapai umur yang cukup bahkan dengan bakat yang diasah itu bisa menjadikannya seseorang yang hebat di masyarakat.

Tapi perlu diingat juga bahwa semua juga harus tumbuh dari keinginan anak itu sendiri, seperti Kak Verda yang benar benar harus punya keinginan sendiri baru bisa menyajikan penampilan atau kemampuannya secara maksimal.


Kak Verda Juara 1 Talent Show
Tips Melatih kepercayaan Diri Anak Agar Mau Tampil Di Depan Umum
Piagam Dan Hadiah Tambahan Juara 1 Talent Show
Tips Melatih kepercayaan Diri Anak Agar Mau Tampil Di Depan Umum
Kak Verda Juara 1 Talent Show
Tips Melatih kepercayaan Diri Anak Agar Mau Tampil Di Depan Umum



Ya... ketika dia mengikuti Festival Anak Sholeh Desember 2018 lalu Kak Verda meraih juara 3 lomba cerita islami dan harapan 3 rangkaian sholat. Saya sebagai Bundanya bangga dong (hihihi) makanya dengan semangat minta agar dia mau tampil di sekolahnya di acara PPK atau ajang pengembangan bakat anak yang diadakan di sekolahnya setiap hari rabu, dan tahu jawaban Kak Verda?? Gak mau...


Bagaimanapun saya membujuknya dari hari ke hari jawabannya selalu sama, Gak mau byuhhh

Ya sudahlah saya menyerah, biarlah waktu yang menumbuhkan kemauan dan kepercayaan dirinya , sendiri agar mau menampilkan kemampuannya, begitulah doa saya selalu.

Dann, tiba tiba sepulang sekolah dia bilang "Bunda besok sabtu aku tampil cerita islami di sekolah lho" Wowwww amazing

kemudian ia menceritakan semuanya, bahwa Gurunya memberitahu kalo hari sabtu di sekolahnya akan ada Talent Show dari gery snack dan gurunya minta anak anak yang berani dan mau untuk menampilkan bakatnya dengan mendaftar melalui guru kelasnya masing masing.

Dan Kak Verda salah satu pendaftar itu dengan percaya diri mendaftar sendiri di gurunya... Masya Allah padahal waktu diminya dengan penuh motivasi dan semangat dari Bundanya saja jawabnya gak mau, gak mau terus.. Nah ini giliran diminta gurunya ga pake lama langsung mendaftar dengan percaya dirinya.

Dan Yang lebih amazing lagi di acara Talent Show itu Kak Verda mendapat Juara 1 dari puluhan talent yang juga tampil di hari itu.


Saya benar benar tidak menyangka, karena dirumah dia hanya latihan sekali karena keterbatasan waktu dan tak ada kostum khusus seperti peserta lainnya karena kukira juga ga akan ada hadiah apapun hahaha

Ya Alhamdulillah dapat koleksi Piagam Penghargaan dan hadiah hiburan yang rame hahaha

Ini benar benar hal yang membanggakan bagi saya karena doa saya terkabul, Kak Verda mau tampil dengan keinginannya sendiri tanpa suruhan atau paksaan siapapun dan buktinya memang jika sesuatu di tunjukkan dengan kemauan dan keinginannya sendiri itu bisa mendapat hasil yang maksimal.


Dari pengalaman saya diatas, sekedar sharing nih Bund, ada beberapa 

Tips Melatih kepercayaan Diri Anak Agar Mau Tampil Di Depan Umum


1. Jangan pernah memaksa anak

2. Hargai segala keputusan anak tentang kapan ia mau tampil

3. Berikan fasilitas yang tepat untuk hobinya

4. Terapkan pengertian bahwa Bunda tak peduli menang atau kalah, tapi Bunda menghargai usaha yang telah dikerahkan

5. Mendukung segala bentuk latihannya

6. Jangan memberitahunya kalo kita khawatir karena itu akan membuatnya gusar

7. Tawarkan bantuan dan dukungan, tapi jangan terlalu banyak

8. Berikan motivasi dan dukungan sebagai penguatnya



Semoga bisa menjadi inspirasi ya Bund..

Dan terus tetap semangat mendidik anak anak kita menjadi Generasi penerus yang hebat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil

Serunya Nonton Film Teachers di Stro TV

Jendela Arlian -Halloo Semua... Ada yang kangen nonton film di bioskop lagi? nobar film favorit bareng teman teman se geng? Duh, ngebayangin aja seru banget ya... Nah sekarang ga perlu cuma dibayangin aja langsung aja capcuus nobar serasa di bioskop bareng teman se geng di layanan streaming film yang bisa dinikmati selama di rumah aja. Dan salah satu film yang baru saja aku tonton adalah TEACHERS film ini disutradarai oleh Sarjono Sutrisno, yang merupakan salah satu original movie hasil kolaborasi SAS Film, SKYLAR PICTURES & STRO. Film ini dihadirkan khusus untuk STRO, sebuah aplikasi streaming film berbasis subscription (SVOD) dari Strorworld. Nggak cuma nonton film aja lho, aku juga dapat kesempatan mendengarkan cerita langsung dari para pemain, sutradara, produser dan STRO Vice President. Jadi Pada 8 Januari 2020 kemarin, Film TEACHERS diputar dalam Ajang Online  Virtual Screening Film Teachers bersama semua casts dan crew, serta tamu undangan dan peserta lainnya hingga mencap