Langsung ke konten utama

Kenali Gejala Dan Penyebab Baby Blues Maka Masalah Akan Bisa Teratasi

Jendela Arlian - Haloo Bunda...


Sering dengar tentang babyblues Bund?

Adakah Bunda disini yang pernah mengalaminya?

Duhhh saya pernah mengalaminya bund, dan semoga Bunda Bunda yang baru saja punya dedek jangan sampai mengalaminya ya, atau setidaknya bisa mengatasinya jika memang sedang mengalaminya jangan sampai syndrom ini berlarut larut dan lebih parah ya Bund.

Baby blues dikenal sebagai postpartum blues atau postpartum distress syndrome adalah gangguan suasana hati yang dialami ibu setelah melahirkan. Saat mengalami baby blues, ibu seperti terus merasa sedih, gundah, resah, cemas, mudah tersinggung dan sering menangis tanpa alasan serta merasa kesepian. Kondisi ini biasanya terjadi pada 14 hari pertama pasca melahirkan dan cenderung memburuk pada 3 atau 4 hari pasca melahirkan.
Dan sebaiknya Bunda mengenali berbagai macam gejala gejalanya agar dapat ditangani dengan segera


Kenali Gejala Dan Penyebab  Baby Blues Maka Masalah Akan Bisa Teratasi
Kenali Gejala Dan Penyebab  Baby Blues Maka Masalah Akan Bisa Teratasi


Bunda yang mengalami Baby Blues Syndrome biasanya akan mengalami gejala-gejala:


1. Muncul rasa sedih yang menyebabkan ibu menangis 
2. Merasa depresi.
3. Emosi sangat labil sehingga mudah marah dan tersinggung
4. Muncul rasa takut yang tidak beralasan.
5. Sering merasa kelelahan, sulit tidur dan sering sakit kepala.
6. Sering merasa kurang percaya diri dan muncul kecemasan.
7. Sering mengalami rasa takut akan berbagai hal


Penyebab Baby Blues Syndrome 

1. Perubahan hormon. 

Ketika hamil Bunda mengalami kenaikan jumlah hormon, dan begitu selesai melahirkan Bunda juga kehilangan kadar hormon. Karena kelahiran itu sendiri, yang sangat melelahkan, dan kemudian susu (ASI) akan keluar. Hal inilah yang bisa mempengaruhi keadaan tubuh dan sensitifitas Bunda.

2. Kelelahan mengasuh bayi yang baru lahir

Akibat kelelahan mengajarkan bayinya untuk menyusu ASI secara langsung. karena bayi yang baru lahir masih susah untuk membuka mulut untuk menyusu.

Dan seringkali Bunda jadi kurang tidur dan merasa kelelahan. Selain itu, banyak hal yang harus disiapkan untuk Si Kecil sementara Bunda masih di masa transisi dari fase kehamilan menjadi fase ibu baru atau ibu menyusui.


3. Mencoba Adaptasi Dengan Sangat Keras

Menyesuaikan diri dengan tanggung jawab baru dan dengan peran sebagai Ibu baru membuat Bunda kewalahan mengurus dirinya sendiri, Ditambah ada bayi mungil yang selalu membutuhkan bantuan Bunda. Mulai dari buang air kecil, saat lapar, haus, mandi dan tidur semua harus dibantu. 


4. Perubahan tubuh yang drastis

Perubahan tubuh dari hamil dan setelah melahirkan membuat Bunda bisa mengalami Baby Blues
Ditambah lagi dengan komentar komentar dari lingkungan sekitar membuat Bunda semakin stress.


Mengatasi Baby Blues Syndrome

1. Lepas stres.

Sisihkan waktu untuk diri sendiri secara rutin selama masa kehamilan atau setelah melahirkan. Misalnya bisa lakukan “me time” dengan berbagai kegiatan yang positif. bisa dengan meditasi, latihan pernapasan dalam, mempercantik diri di salon, atau sekadar kopdar dan bertukar cerita dengan para calon mama dan ibu lainnya tentang keluh kesah Bunda.


2. Ikut Istirahat Jika Bayi Tidur.

Benar Lho Bund mengikuti bayi tidur itu membuat kita jadi fresh lagi, Jadi jika bayi sudah mulai tidur tinggalkan segala aktivitas, dan jangan mencuri curi waktu untuk beberes karena akan menambah kelelahan Bunda, abaikan sebentar komentar orang demi menjaga kewarasan dan kestabilan pikiran kita karena dengan begitu kita akan bisa mengatai yang namanya Baby Blues.

3. Sempatkan diri untuk berolahraga.

Cukup olahraga yang ringan-ringan saja, dan fokuskan untuk memperlancar aliran darah bukan untuk membakar ratusan kalori atau mengencangkan otot-otot perut Bunda
Misalnya jalan jalan sore keliling komplek atau ke taman kota terdekat..


4. Hilangkan keinginan untuk jadi orangtua yang sempurna.

Membuka hati adalah cara terbaik untuk mencegah baby blues, dan memiliki ekspektasi yang realistis. Tak perlu idealis dalam mengasuh bayi baru lahir karena bayi itu tidak bisa ditebak dan menjadi orang tua adalah pekerjaan yang tidak mudah dan sulit diduga.
Jadi biarkan semua berjalan senatural mungkin, dan cukuo nikmati hari hari Bunda menjadi Ibu baru.


5. Bagi Cerita Dengan Pasangan.

Berbagi cerita dan Berbagi beban bersama pasangan adalah cara terbaik untuk menghindari Baby Blues . Bicarakan masalah merawat si kecil serta berbagi tanggung jawab dengan pasangan dapat meringankan beban Bunda baik secara fisik dan psikis.


Setelah kita mengetahui gejala, penyebab dan cara mengatasi Baby Blues Syndrom ini semoga para Bunda yang punya bayi baru bisa mengatasi segala keresahannya, dan tetaplah berdoa serta nikmati setiap momen momen yang ada karena hal tersebut tidak akan berlangsung lama Bund.


Tetap syemangat ya Bund...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil

Serunya Nonton Film Teachers di Stro TV

Jendela Arlian -Halloo Semua... Ada yang kangen nonton film di bioskop lagi? nobar film favorit bareng teman teman se geng? Duh, ngebayangin aja seru banget ya... Nah sekarang ga perlu cuma dibayangin aja langsung aja capcuus nobar serasa di bioskop bareng teman se geng di layanan streaming film yang bisa dinikmati selama di rumah aja. Dan salah satu film yang baru saja aku tonton adalah TEACHERS film ini disutradarai oleh Sarjono Sutrisno, yang merupakan salah satu original movie hasil kolaborasi SAS Film, SKYLAR PICTURES & STRO. Film ini dihadirkan khusus untuk STRO, sebuah aplikasi streaming film berbasis subscription (SVOD) dari Strorworld. Nggak cuma nonton film aja lho, aku juga dapat kesempatan mendengarkan cerita langsung dari para pemain, sutradara, produser dan STRO Vice President. Jadi Pada 8 Januari 2020 kemarin, Film TEACHERS diputar dalam Ajang Online  Virtual Screening Film Teachers bersama semua casts dan crew, serta tamu undangan dan peserta lainnya hingga mencap