Langsung ke konten utama

Apa Yang Harus di Lakukan Anak Jika Di Pukul Temannya???

Jendela Arlian - Kekerasan adalah hal yang menakutkan, apalagi untuk anak anak dan Tak bisa dibayangkan kalau kekerasan itu menimpa anak anak kita, seperti dipukul temannya disekolah misalnya, dan hal itu membuat anak trauma untuk pergi ke sekolah.
Nah apa yang sebaiknya dilakukan ya??? 
Bagaimana cara bilang ke anak untuk menghadapinya, apa suruh pukul balik atau dibales?
atau diam saja tanpa perlawanan?? Kadang bingung juga khan cara bijak untuk mengajarkan anak melawan kekerasan...

Ini Pengalaman saya ketika Kakak sempat di pukul temanya dikelas waktu kelas satu dulu, dan sebisa mungkin saya bersikap bijak tanpa emosi, agar anak pun bisa tenang menghadapinya juga. 

SDN Wonotingal 01 Semarang
SDN Wonotingal 01 Semarang


 Ketika anak dipukul oleh teman, Apa yang dapat disarankan ???
@ Jika kita menyarankan anak untuk membalas pukulan temannya: Itu artinya saya mengajarkan untuk menggunakan kekerasan / agresi untuk menyelesaikan persoalan atau untuk mencapai tujuan,
Maka di kemudian hari, anak akan dapat menggunakan 'cara' yang sama untuk menghadapi persoalan atau untuk mencapai tujuannya artinya Kekerasan dibalas kekerasan Itu sungguh tidak Bijak.

@ Jika kita menyarankan anak untuk diam saja, Itu artinya saya mengajarkan anak untuk membenarkan kekerasan atau perilaku keliru orang lain terhadap dirinya. 
Maka di kemudian hari ia dapat menganggap bahwa 'perilaku buruk orang lain terhadap dirinya adalah layak' atau anak akan tumbuh sebagai pribadi yang terbiasa memendam rasa amarahnya dan emosi negatif lainnya hanya untuk menyenangkan orang lain.

Lalu apa yang harus Disarankan untuk mengatasinya???

1. Latih anak untuk berani bilang "Tidak" dan berani mengatakan pada siapapun yang berbuat buruk pada dirinya : "Stopp, saya tidak suka"

2. Latih anak untuk pergi segera meninggalkan lokasi kejadian dengan ( sebisa mungkin) tenang, dan segera melapor serta minta bantuan pada orang dewasa yang bertanggung jawab di lingkungan tempat kejadian. Jika terjadi disekolah Laporkan pada Guru
Jika terjadi di TPQ Laporkan pada ustad atau ustazah, 
Jika terjadi di sekitar lingkungan rumah Laporkan pada Orang Tua.
Katakan pada anak betapa penting untuk melaporkan situasi yang terjadi dengan sebagaimana adanya tanpa dilebih lebihkan.
Tujuannya adalah meminta bantuan orang dewasa agar tidak terjadi hal serupa di kemudian hari.

3. Ajak anak untuk menenangkan diri, mengenali dan menghadapi emosinya. Tidak masalah untuk merasa marah, sedih, terluka, dan ajak anak untuk mengekspresikan rasa marah dengan cara yang positif, tidak menyakiti dirinya atau orang lain, Misalnya dengan membuat puisi atau menulis serta menggambar di kertas.
Ajak anak untuk berlatih memaafkan walo tidak dapat berlangsung saat itu juga

4. Latih kemampuan anak untuk menyelesaikan persoalan. Ketika kita sebagai orang tua  menerima laporan anak  tanggapi dengan tenang, jangan panik dan menunjukkan emosi negatif atau mengambil tindakan, pahami keadaannya dan Tanyakan kepada anak "Solusi yang bisa dilakukan di kemudian hari menurut anak"

5. Hargai keberanian anak untuk menghadapi situasi yang menantang tersebut dan hargai sikap tepat yang telah diambil anak termasuk ketika ia tidak membalas pukul temannya itu.

Semoga anak anak kita tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan pemberani dalam menghadapi tantangan tantangan proses kehidupannya, Sehat terus ya anak anak Bunda....

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil

Serunya Nonton Film Teachers di Stro TV

Jendela Arlian -Halloo Semua... Ada yang kangen nonton film di bioskop lagi? nobar film favorit bareng teman teman se geng? Duh, ngebayangin aja seru banget ya... Nah sekarang ga perlu cuma dibayangin aja langsung aja capcuus nobar serasa di bioskop bareng teman se geng di layanan streaming film yang bisa dinikmati selama di rumah aja. Dan salah satu film yang baru saja aku tonton adalah TEACHERS film ini disutradarai oleh Sarjono Sutrisno, yang merupakan salah satu original movie hasil kolaborasi SAS Film, SKYLAR PICTURES & STRO. Film ini dihadirkan khusus untuk STRO, sebuah aplikasi streaming film berbasis subscription (SVOD) dari Strorworld. Nggak cuma nonton film aja lho, aku juga dapat kesempatan mendengarkan cerita langsung dari para pemain, sutradara, produser dan STRO Vice President. Jadi Pada 8 Januari 2020 kemarin, Film TEACHERS diputar dalam Ajang Online  Virtual Screening Film Teachers bersama semua casts dan crew, serta tamu undangan dan peserta lainnya hingga mencap