Langsung ke konten utama

Apa Yang Harus di Lakukan Anak Jika Di Pukul Temannya???

Jendela Arlian - Kekerasan adalah hal yang menakutkan, apalagi untuk anak anak dan Tak bisa dibayangkan kalau kekerasan itu menimpa anak anak kita, seperti dipukul temannya disekolah misalnya, dan hal itu membuat anak trauma untuk pergi ke sekolah.
Nah apa yang sebaiknya dilakukan ya??? 
Bagaimana cara bilang ke anak untuk menghadapinya, apa suruh pukul balik atau dibales?
atau diam saja tanpa perlawanan?? Kadang bingung juga khan cara bijak untuk mengajarkan anak melawan kekerasan...

Ini Pengalaman saya ketika Kakak sempat di pukul temanya dikelas waktu kelas satu dulu, dan sebisa mungkin saya bersikap bijak tanpa emosi, agar anak pun bisa tenang menghadapinya juga. 

SDN Wonotingal 01 Semarang
SDN Wonotingal 01 Semarang


 Ketika anak dipukul oleh teman, Apa yang dapat disarankan ???
@ Jika kita menyarankan anak untuk membalas pukulan temannya: Itu artinya saya mengajarkan untuk menggunakan kekerasan / agresi untuk menyelesaikan persoalan atau untuk mencapai tujuan,
Maka di kemudian hari, anak akan dapat menggunakan 'cara' yang sama untuk menghadapi persoalan atau untuk mencapai tujuannya artinya Kekerasan dibalas kekerasan Itu sungguh tidak Bijak.

@ Jika kita menyarankan anak untuk diam saja, Itu artinya saya mengajarkan anak untuk membenarkan kekerasan atau perilaku keliru orang lain terhadap dirinya. 
Maka di kemudian hari ia dapat menganggap bahwa 'perilaku buruk orang lain terhadap dirinya adalah layak' atau anak akan tumbuh sebagai pribadi yang terbiasa memendam rasa amarahnya dan emosi negatif lainnya hanya untuk menyenangkan orang lain.

Lalu apa yang harus Disarankan untuk mengatasinya???

1. Latih anak untuk berani bilang "Tidak" dan berani mengatakan pada siapapun yang berbuat buruk pada dirinya : "Stopp, saya tidak suka"

2. Latih anak untuk pergi segera meninggalkan lokasi kejadian dengan ( sebisa mungkin) tenang, dan segera melapor serta minta bantuan pada orang dewasa yang bertanggung jawab di lingkungan tempat kejadian. Jika terjadi disekolah Laporkan pada Guru
Jika terjadi di TPQ Laporkan pada ustad atau ustazah, 
Jika terjadi di sekitar lingkungan rumah Laporkan pada Orang Tua.
Katakan pada anak betapa penting untuk melaporkan situasi yang terjadi dengan sebagaimana adanya tanpa dilebih lebihkan.
Tujuannya adalah meminta bantuan orang dewasa agar tidak terjadi hal serupa di kemudian hari.

3. Ajak anak untuk menenangkan diri, mengenali dan menghadapi emosinya. Tidak masalah untuk merasa marah, sedih, terluka, dan ajak anak untuk mengekspresikan rasa marah dengan cara yang positif, tidak menyakiti dirinya atau orang lain, Misalnya dengan membuat puisi atau menulis serta menggambar di kertas.
Ajak anak untuk berlatih memaafkan walo tidak dapat berlangsung saat itu juga

4. Latih kemampuan anak untuk menyelesaikan persoalan. Ketika kita sebagai orang tua  menerima laporan anak  tanggapi dengan tenang, jangan panik dan menunjukkan emosi negatif atau mengambil tindakan, pahami keadaannya dan Tanyakan kepada anak "Solusi yang bisa dilakukan di kemudian hari menurut anak"

5. Hargai keberanian anak untuk menghadapi situasi yang menantang tersebut dan hargai sikap tepat yang telah diambil anak termasuk ketika ia tidak membalas pukul temannya itu.

Semoga anak anak kita tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan pemberani dalam menghadapi tantangan tantangan proses kehidupannya, Sehat terus ya anak anak Bunda....

#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
#GenerasiMaju



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund..
Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund?
Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM?
Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun
Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi.
Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda.

Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai. 
Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut.
Dan pada 2012, PT Sari Husada mengubah nama menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika. Selain misi bisnis, Sarihusad…

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian - Bunda, Pernah dengar Faltering Growth??

Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan

Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan agar berat badan anak tidak berlanjut menurun. Anak balita mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga memerlukan zat…

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian - Halooo Bunda..
Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund?
jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri.



Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan.
Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.
Dan SGM Aktif ini hadir dalam 2 rasa yang pastinya jadi favorit Si Kecil yaitu rasa coklat dan stroberi.

J…