Langsung ke konten utama

Luar Biasa... Inilah 6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak Di Masa Pertumbuhannya

Jendela Arlian - Salam Jumpa Bunda....


Semoga hari ini lebih bahagia ya bund...

Jangan lupa untuk selalu memeluk si kecil agar ia mendapatkan ketenangan selalu.

Sudah musim penghujan lho bund... jaga selalu kondisi ya..

apalagi si kecil pasti kalo liat hujan turun maunya main air hujan, sama seperti kak Verda dan Dek Zerli ga bisa liat air nganggur hehehe

oh ya, Anak anak pulang sekolah jam berapa nanti bund?

Biasanya pulang sekolah itu sudah siang ya, matahari terik, (kalo pas musim kemarau) tapi akhir akhir ini kalo pas waktunya jemput sekolah suka turun hujan jadi harus ekstra bawa mantel dan setelahnya mesti dopping vitamin biar badan tetap fit dan jangan lupa selalu minum susu agar nutrisi anak tetap terjaga.

Nah, kalo ritual pulang sekolah sudah selesai semua ini yang terpenting Tidur Siang...

Kak Verda dan Dek Zerli ga pernah absen tidur siang, ya walaupun kadang kadang suka merengek untuk minta diijinkan main di siang hari ketimbang tidur siang, tapi saya mah memang begini tegas heheheh, kalo waktunya tidur siang ya apapun yang terjadi harus tetap terpenuhi kecuali ada urgent yang memang benar benar waktunya ga memungkinkan.
Luar Biasa... Inilah 6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak Di Masa Pertumbuhannya
Luar Biasa... Inilah 6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Anak Di Masa Pertumbuhannya



Anak anak bunda juga suka tidur siang kah Bund???
Ternyata Selain makan dan minum, tidur menjadi kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Kurang tidur tak hanya menjadikan tubuh tak segar, melainkan juga mampu menghambat perkembangan bagi si anak. Tentu, laju tumbuh kembang si anak yang terbiasa tidur siang dan tidak terbiasa tidur siang akan sangat jauh berbeda.

Ternyata banyak lho manfaat dari tidur siang untuk anak anak

Simak yuk beberapa manfaatnya:


1. Merangsang Tumbuh Kembang Anak
Penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menunjukkan jika anak yang rutin tidur siang, mempunyai pertumbuhan tubuh yang jauh lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak mau tidur siang.


Hal ini dikarenakan oleh adanya hormon pertumbuhan atau yang biasa disebut dengan nama human-Growth hormone (h-Gh) yang jauh lebih aktif mengalir di dalam darah saat anak sedang tidur siang.


Hormon yang ada ini diproduksi oleh otak dan bekerja sama dengan hormon-hormon yang lain, contohnya hormon gondok, anak ginjal, tulang dan otot, yang mana kesemuanya itu mampu membantu proses pertumbuhan sang anak.


2. Meningkatkan Daya Ingat Anak


Manfaat tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak, sangat baik bagi masa pertumbuhan anak yang yang sebagian waktunya digunakan untuk belajar, sehingga tidur siang bisa digunakan sebagai alternatif merefresh pikiran, sehingga saat bangun dari tidur siang anak akan merasakan kondisi yang optimal dan meningkatkan ide baru serta membuka wawasan yang ada di otak.

3. Menjaga Suasana Hati

Aktifitas anak yang padat membuat tubuh kehilangan banyak energi sehingga daya tahan tubuhpun melemah akibat dari pelemahan daya tubuh ini mengakibatkan kondisi badan terasa lelah, hingga akhirnya anak kehilangan rasa mood (bad mood), Hal ini bisa terjadi karena di saat anak kekurangan waktu untuk tidur, mereka cenderung menjadi lebih rewel, lebih cemas dan tidak tertarik dengan hal yang ada di sekelilingnya.

dengan tidur siang diharapkan saat bangun anak bisa merasakan tubuh menjadi segar lebih bahagia, sehingga nantinya bisa terhindar dari perasaan stres dan cemas. dan mood kembali normal (good mood) sehingga anak siap beraktifitas kembali. 


4. Mampu Meningkatkan Kreativitas Anak

Orang tua patut tahu bahwa manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan fungsi indera dan kreativitas, menurut Napologist, Sara Mednick C.” Tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam”. Tidur siang juga dapat membantu memulai kreativitas yang baru.
Anak-anak yang aktif atau sering melakukan tidur siang, mampu menciptakan beragam ide baru dan kreasi yang luar biasa. Beberapa ahli mengungkap jika tidur siang mampu meningkatkan persepsi sensorik yang sama seperti halnya dengan tidur malam.


Anak yang aktif melakukan tidur siang, cenderung jauh lebih baik dalam menciptakan berbagai macam ide dan karya yang sangat luar biasa, tentu dengan hal ini bisa menjadi sangat bermanfaat untuk anak, karena dengan pola tidur yang baik tentu mampu menciptakan kualitas tidur yang baik juga.


5. Merangsang Pertumbuhan


Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan, dimana tidur siang diyakini dapat merangsang pertumbuhan yg optimal, sebuah penelitian yang di lakukan Medical School Harvard University menunjukan bahwa anak yang cukup tidur cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih optimal.
Tak hanya itu ternyata tidur siangjuga menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga berat badan anak.


Berikanlah anak anak waktu istirahat yang cukup dan jangan biarkan anak untuk memilih bermain atau malah menonton televisi dibandingkan dengan tidur siang.


Ajarkanlah kepada anak, apa saja yang menjadi manfaat dari tidur siang, dengan begitu, anak bisa jauh lebih mudah untuk diminta atau diperintahkan untuk tidur di siang hari.


6. Mengembalikan Stamina


Dengan banyaknya kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh si anak, baik itu di sekolah ataupun di luar rumah, tentu anak juga bisa merasakan lelah. Tidur siang menjadi salah satu obat yang cukup mujarab untuk mengembalikan stamina tubuh, sehingga tubuh anak bisa menjadi lebih bugar.


Dengan kembalinya stamina anak, tentu anak bisa kembali aktif untuk menjalankan berbagai macam kegiatan atau aktivitas yang akan datang selanjutnya, karena tubuh sudah terisi oleh energi yang optimal.


Lantas, kapan waktu yang tepat untuk tidur siang???


Menurut Dr Davidson, jawabannya yakni antara pukul 13.00-16.00 ketika tubuh secara alami ingin tidur. Tidur sebelum atau sesudah jam-jam tersebut berpotensi memengaruhi ritme sirkadian tubuh dan berdampak pada kemampuan anak tidur di malam hari. 


Menurut Dr Charles Morin, profesor bidang psikologi di Laval University dan anggota riset Kanada mengenai masalah tidur, Durasi tidur siang yang ideal adalah 15 hingga 30 menit



Nah Bunda... Semoga artikel ini membantu ya...
Jadi jangan ragu yukkk biasakan anak untuk tidur siang sejak dini agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal menjadi anak Generasi Maju.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serum Pencerah Wajah Terbaik Yang Jadi Idaman Setiap Perempuan Ya Pond's Triple Glow Serum dan Mask

Haloo Apa Kabar semua? semoga selalu sehat dan bahagia ya... Perempuan itu pasti sangat care dengan kesehatan kulit dan pastinya ingin punya wajah yang terawat, termasuk saya. Nah Menggunakan  Serum Pencerah wajah terbaik adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan punya Wajah Terawat.    Setelah mencoba berbagai produk serum pencerah wajah, Akhirnya saya jatuh cinta pada Pond's Triple Glow Serum dan Mask. Karena hanya produk ini yang benar benar nyata buktinya dengan memberikan triple manfaat yaitu, mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan . Apa Sih Manfaat Serum Pencerah Wajah? Menggunakan serum pencerah wajah dapat membuat wajah jadi lebih cerah juga bisa menghidrasi kulit, mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Wahh ternyata banyak juga  manfaat Serum Pencerah Wajah itu. Tetapi perlu diingat juga manfaat ini akan berbeda untuk setiap bahan serum pencerah wajah yang kita gunakan. Untuk itu ada baiknya gunakan serum pencerah wajah yang bisa

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju

Jendela Arlian - Halooo Bunda... Apa Kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya bund.. Dan tentunya juga buah hati selalu sehat dan aktif, karena inilah yang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi para Bunda melihat buah hati nya yang selalu sehat dan aktif jadi Anak Generasi Maju seperti anak anak saya. Masih ingat dengan cerita saya tentang Mombassador SGM Eksplor Bund? sebuah komunitas yang luar biasa ini yang membuat saya menjadi semakin berkembang dan selalu berpikiran positif untuk bisa menebar kebaikan dan menjadikan anak anak saya Anak Generasi Maju Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju Awalnya tahu tentang Mombassador SGM Eksplor itu dari Facebook Aku Anak SGM yang saat itu masih dengan istilah Temu Bunda dan ketika tahu ada pemilihan mombassador SGM Eksplor, saya pun segera mendaftar dan Alhamdulillah langsung terpilih menjadi salah satu dari Bunda