Langsung ke konten utama

Anak Anak Itu Unik... Jadi Pahami Keunikannya Dan Sikapi Dengan Bijak

Jendela Arlian - Bunda... Apa kabar si Kecil hari ini??

Semoga selalu sehat dan semakin pinter ya..

Pada dasarnya setiap anak adalah pribadi yang unik. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Setiap manusia, setiap anak itu unik. Unik itu artinya tiap manusia itu Berbeda satu sama lainnya dan punya Kekhasan masing masing. Perbedaan itu sudah ada bahkan sejak dalam kandungan. Lalu sepanjang perkembangan anak, perbedaan satu anak dengan yang lainnya makin lama makin besar.

mereka mempunyai keunikan masing-masing. Setiap anak mempunyai keunggulan baik dalam pengetahuan, keterampilan, maupun perilaku. Anak A berhasil meraih juara olimpiade matematika dikatakan pandai. Anak B yang mahir berenang juga termasuk anak yang pandai. Anak C yang berhati baik, suka menolong, dan mempunyai simpati yang lebih pada sesama juga dikatakan pandai. Ketiga anak tersebut semuanya bisa dikatakan pandai, hanya saja kepandaian mereka berada dalam bidang yang berbeda. Sekali lagi, setiap anak bisa saja unggul dalam pengetahuan, keterampilan, dan perilaku.

Wisata Eling Bening
Anak Anak Itu Unik... Jadi Pahami Keunikannya Dan Sikapi Dengan Bijak

Jadi setiap anak adalah pribadi yang unik. Meskipun dalam proses perkembangannya terdapat banyak kesamaan, namun tetap setiap anak akan memiliki keunikan tersendiri yang berbeda-beda dengan anak yang lainnya.


Ya seperti Kak Verda dan Dek Zerli yang sangat berbeda sekali dalam perkembangannya, meskipun sekandung dan satu pola asuh, kak Verda yang simpatik, yang selalu ramah dan welcome dengan siapa saja jika dimintai bantuan tapi memang agak lemah di akademis. Lain dengan Dek Zerli yang unggul dalam akademis, dan sangat senang dengan berbagai hal seni terutama mewarnai, tapi ya itu perlu bimbingan lebih untuk mengelola emosionalnya.

Jadi walaupun satu pola asuh mereka berdua pun tetap perlu pendekatan yang berbeda ya karena perkembangan mereka pun juga beda, sehingga jika ada masalah solusi yang diambil pun juga berbeda pula.


Jadi orang tua perlu memahami keunikan anaknya 

Agar anak tidak merasa tertekan karena Kemampuan, Kebutuhan, dan Kesenangannya dihalangi. Agar anak merasa dihargai dirinya, ini berkaitan dengan konsep dirinya, kepercayaan dirinya. Agar anak bisa mengembangkan potensi dirinya.

Anak yang dipaksa belajar akan merasa tertekan, begitu juga dengan anak-anak yang dipaksa diam. Menghalang-halangi suatu kebutuhan yang besar pada seorang anak akan membuatnya gelisah tanpa penyebab yang ia ketahui. Di samping itu, kita menjadi kurang mengembangkan bakatnya yang unik.

Sebagai mana kelebihan yang berbeda-beda, masing-masing anak juga akan punya tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kita tak bisa memaksakannya sama seperti anak lainnya. Coba kembalikan ke diri kita yang sudah dewasa, apakah kita nyaman jika diminta menyamai atlit rekor atlit lari misalnya. Atau bagaimana perasaan kita jika diminta bekerja di belakang meja sementara kita orang yang senang keluar. Tentunya tidak akan nyaman bukan?

Demikian juga dengan anak. Jadi kalau anak tak semudah itu makan sayur atau tak mau minum susu, kita tak boleh lantas mengatakan bahwa kawannya yang lain bisa menghabiskan sayur dan susu dengan segera. Ajak saja dia melakukan sesuatu tersebut dan hasil akhir kembali lagi ke anak karena pada dasarnya kita hanyalah mengantar saja bukan menentukan.

Manfaat yang diperoleh anak dan orang tua dengan memahami keunikan anak?


Dengan mengenal keunikan anak dalam hal Kemampuan, kita dapat Menyesuaikan tuntutan kita dengan kemampuannya. Anak dan orang tua menjadi senang. Ada tercipta saling memahami dan kerjasama. Terpenuhinya Kebutuhan anak akan membantu perkembangan anak menjadi maksimal. Dengan mengenal Kesenangan anak, kita dapat memberikan banyak Kebahagiaan baginya. Dan kalau kita tahu apa yang disenangi anak, kita tidak perlu membuang yang ada untuk membelikan hal-hal yang tidak disenanginya.

Sikap orang tua Dalam menyikapi keunikan setiap anak

Mensyukuri dan menjaga titipan Allah SWT. kemudian menerima kenyataan bahwa anak mempunyai kekhususan sehingga kita tidak dapat menyamakannya dengan anak lain. Adalah cara kita menyikapi Keunikan masing masing anak. Sesungguhnya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kebaikan anak daripada sekedar melihat kekurangannya atau membandingkannya dengan anak lain. Orang tua dapat belajar dari anaknya dengan cara membiasakan diri untuk mengamati keunikannya. Lalu, manfaatkan keunikan itu untuk kebaikan anak dan orang tua, sehingga dia bisa memberdayakan dirinya .

Anak Membutuhkan diperlakukan secara unik, sesuai dengan kekhasan diri dan jiwanya . Hanya perlakuan yang unik dan khas lah yang membuat anak mengenali , menghargai dirinya dan membantu mereka mengenal Penciptanya.

Jadi Bunda pada intinya adalah tidak membandingkan anak anak kita dengan anak anak orang lain dan mendidik mereka sesuai keunikan dan kekhasan mereka juga agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal menjadi Generasi Maju yang membanggakan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serum Pencerah Wajah Terbaik Yang Jadi Idaman Setiap Perempuan Ya Pond's Triple Glow Serum dan Mask

Haloo Apa Kabar semua? semoga selalu sehat dan bahagia ya... Perempuan itu pasti sangat care dengan kesehatan kulit dan pastinya ingin punya wajah yang terawat, termasuk saya. Nah Menggunakan  Serum Pencerah wajah terbaik adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan punya Wajah Terawat.    Setelah mencoba berbagai produk serum pencerah wajah, Akhirnya saya jatuh cinta pada Pond's Triple Glow Serum dan Mask. Karena hanya produk ini yang benar benar nyata buktinya dengan memberikan triple manfaat yaitu, mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan . Apa Sih Manfaat Serum Pencerah Wajah? Menggunakan serum pencerah wajah dapat membuat wajah jadi lebih cerah juga bisa menghidrasi kulit, mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Wahh ternyata banyak juga  manfaat Serum Pencerah Wajah itu. Tetapi perlu diingat juga manfaat ini akan berbeda untuk setiap bahan serum pencerah wajah yang kita gunakan. Untuk itu ada baiknya gunakan serum pencerah wajah yang bisa

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju

Jendela Arlian - Halooo Bunda... Apa Kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya bund.. Dan tentunya juga buah hati selalu sehat dan aktif, karena inilah yang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi para Bunda melihat buah hati nya yang selalu sehat dan aktif jadi Anak Generasi Maju seperti anak anak saya. Masih ingat dengan cerita saya tentang Mombassador SGM Eksplor Bund? sebuah komunitas yang luar biasa ini yang membuat saya menjadi semakin berkembang dan selalu berpikiran positif untuk bisa menebar kebaikan dan menjadikan anak anak saya Anak Generasi Maju Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju Awalnya tahu tentang Mombassador SGM Eksplor itu dari Facebook Aku Anak SGM yang saat itu masih dengan istilah Temu Bunda dan ketika tahu ada pemilihan mombassador SGM Eksplor, saya pun segera mendaftar dan Alhamdulillah langsung terpilih menjadi salah satu dari Bunda