Langsung ke konten utama

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian - Bunda, Pernah dengar Faltering Growth??


Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund...
Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan
Berjalan Di Taman Agar Sehat Dan Bisa Tumbuh Dengan Optimal
Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan???  Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Menyikapinya...


Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan agar berat badan anak tidak berlanjut menurun. Anak balita mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga memerlukan zat-zat gizi yang tinggi di setiap Kg berat badannya (Soegeng Santoso dkk, 1995). Perkembangan otak anak mungkin akan terpengaruh jika pertumbuhan mereka terputus-putus atau terganggu. Sehingga sangat penting untuk mengenali kegagalan pertumbuhan sedini mungkin. Sebab, ketika saat usia anak telah melewati usia dua tahun, sudah terlambat untuk memperbaiki kerusakan pada tahun-tahun awal. Bila tidak segera ditangani sejak dini, Faltering Growth dapat berdampak pada terhambatnya perkembangan fungsi kognitif anak, disfungsi gastrointestinal dan peningkatan resiko infeksi.


Faktor Yang Mempengaruhi Faltering Growth


1. Pada bayi yang menyusu Air Susu Ibu (ASI), mungkin bayi kurang lama ketika menyusu, atau kurang sering disusui, sehingga ia tidak mendapat cukup nutrisi

2. pemberian makanan tambahan yang terlalu dini dalam bentuk makanan yang rendah energy dan sangat rendah protein, menurunkan pemberian ASI yang pada gilirannya menurunkan pertumbuhan gizi anak dan peningkatan kerentanan anak terhadap infeksi, kerentanan terhadap infeksi juga dipengaruhi oleh buruknya sanitasi lingkungan keluarga dan perilaku perawatan kesehatan anak yang kurang baik.

3. Kurang responsifnya orang tua / pengasuh terhadap isyarat anak ketika ia merasa lapar

4. Masalah dengan waktu makan atau menyusu, misalnya tidak memiliki jadwal makan yang teratur. Beberapa bayi mungkin tidak mendapatkan kalori atau nutrisi yang cukup selama awal masa sapih, saat makanan yang padat mulai diperkenalkan

5 Jenis kelamin diketahui berpengaruh dengan keterlibatan social budaya dimana anak laki-laki cenderung tumbuh lebih baik daripada anak perempuan

6.keadaan gizi dan kesehatan ibu serta keadaan social ekonomi keluarga. 

7. Gangguan Fisik yang dapat mempengaruhi pola makan anak. 

Sebenarnya Intervensi untuk menurunkan Faltering Growth harus dimulai secara tepat sebelum kelahiran, dengan pelayanan prenatal dan gizi ibu, dan berlanjut hingga usia dua tahun.


Bila Anak Mengalami Faltering Growth


Jadi Bila anak mengalami Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan sebaiknya Jangan diabaikan dan segera ambil tindakan penanganan yang tepat karena Penanganan tergantung pada penyebab gagalnya anak untuk tumbuh.

1. Seimbangkan asupan nutrisi makro dan mikro
Nutrisi Makro adalah nutrisi yang menyediakan kalori atau energi bagi tubuh kita. Nutrisi adalah unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan badan, metabolisme tubuh dan juga fungsi tubuh. Makro nutrisi dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh kita, dan kita dapat mencukupi semuanya dari makanan. Yang tergolong nutrisi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak.
Nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang kecil untuk membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan hariannya. Dalam sehari setiap orang membutuhkan sekitar 100 miligram nutrisi mikro. Yang termasuk dalam nutrisi ini adalah zat besi, magnesium, garam, vitamin, dan masih banyak lagi.

2. Hindari memberikan makanan dengan cara memaksa

3. Tetapkan jadwal makan teratur, dan pastikan rentang waktunya tidak terlalu singkat maupun terlalu lama

4. Dan jika kondisi ini tak kunjung membaik ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak yang Bunda percaya.

Semoga bermanfaat ya Bunda, dan tetap semangat selalu untuk mendampingi anak anak kita menjadi Generasi yang membanggakan.

Komentar

  1. Kompak benar deh kakak adik bantuin si mama merapikan rumah jadi senang melihatnya ♥

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah dapet ilmu parenting lagi. Kalau anak tidak berkembang dengan baik pasti ortu was was ya... supaya tumbuh kembang nya baik hrs dipenuhi nutrisinya ya

    BalasHapus
  3. Baru tahu istilah ini. Tapi memang pernah anak saya hampir menyentuh garis kuning. Saat itu masih ASI eksklusif. Padahal dia menyusu teruskterus menerus+menerus sampai saya susah tidur hehe. Tapi akhirnya dibantu dengan sufor dan beratnya naik.

    BalasHapus
  4. Bunda terimakasih infonya ternyata kekurangan asi itu bsa menjadi salah satu faktor jga ya pantas dsa selalu bilang susui sesering mungkin apalagi baby nya Newborn ya

    BalasHapus
  5. Baru tahu istilah ini. Nggak bileh dianggap enteng ya. Karena setiap pertumbuhan anak usia dini itu memang berpengaruh pada lini kehidupannya.

    BalasHapus
  6. Anak aku masih 4 bulan nih mom, brrti harus Pantengin perkembangannya yah, noted nih biar anaknya tumbuh sehat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund..
Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund?
Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM?
Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun
Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi.
Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda.

Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai. 
Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut.
Dan pada 2012, PT Sari Husada mengubah nama menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika. Selain misi bisnis, Sarihusad…

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian - Halooo Bunda..
Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund?
jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri.



Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan.
Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.
Dan SGM Aktif ini hadir dalam 2 rasa yang pastinya jadi favorit Si Kecil yaitu rasa coklat dan stroberi.

J…