Langsung ke konten utama

Bagaimana Jika Anak Anak Kecanduan Gadget?? Langkah Langkah Berikut Mungkin Tepat Membantu Menghilangkan Kecanduan Anak Pada Gadget

Jendela Arlian - Dipenghujung bulan awal tahun 2019 ini semoga saya lebih baik lagi dalam menulis dan lebih tepat sasaran untuk menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan saya ini sehingga tidak membuat bosan yang singgah di sini, Doakan ya Bund... Amiin

Kali ini saya mau sharing tentang Gadget bagi anak anak, apa sih dampak positif dan negatifnya??

Karena di masa ini tak mungkin jika kita tidak memperkenalkan anak anak dengan alat canggih tersebut, Sebagaimana berkembangnya ilmu tehnologi dan daya pikir manusia maka seharusnya berkembang pula pola asuh kita kepada anak anank jaman now, yang tidak mungkin bisa dididik denganpola asuh orang tua kita terdahulu, ya walaupun ada yang harus tetap diterapkan seperti nilai nilai moral dan etika.

Baik Bunda, Saya mulai dengan pengertian tentang Gadget itu sendiri, Apa itu Gadget??
Bagaimana Jika Anak Anak Kecanduan Gadget?? Langkah Langkah Berikut Mungkin Tepat Membantu Menghilangkan Kecanduan Anak Pada Gadget
Bagaimana Jika Anak Anak Kecanduan Gadget?? Langkah Langkah Berikut Mungkin Tepat Membantu Menghilangkan Kecanduan Anak Pada Gadget

Definisi Gadget

Definisi dari gadget sendiri adalah suatu alat atau perangkat yang dirancang dengan teknologi canggih dengan fungsi yang lebih spesifik serta bersifat praktis atau memudahkan bagi para pengguna – penggunanya. Salah satu gadget yang keberadaannya paling penting dan semakin berkembang pesat dari dulu hingga saat ini adalah handphone atau yang biasa dikenal dengan smartphone. 

Gadget sendiri saat ini merupakan sebuah benda yang tidak bisa terpisahkan dari aktifitas sehari-hari. Bagaimana tidak? Kemana pun pergi gadget selalu dibawa, apa pun yang ada selalu bisa diakses dengan gadget.

Untuk lebih spesifik yang saya maksud gadget disini adalah Hp ya Bund sesuai Definisi gadget diatas, Jadi anak siapa yang saat ini tidak mengenal Hp?? Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya. Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas, Ya walaupun banyak hal yang bisa dipelajari untuk anak dari gadget, seperti hafalan doa-doa, lagu anak-anak, dan permainan edukasi lainnya. Tapi, perlu Bunda ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget. Terlebih jika dia sudah kecanduan, karena anak merasa gadget sebagai sumber kebutuhannya.

Anak-anak seharusnya aktif bergerak, menjelajahi lingkungan, berinteraksi dengan teman seumurannya, tapi malah sibuk dengan gadget. Jika terus berlanjut, kemampuan anak untuk bersosialisasi bisa tergganggu. Jadi, kecanduan gadget dapat memengaruhi kesehatan fisik dan juga jiwa anak.


Langkah-langkah ini mungkin dapat membantu mengatasi kecanduan gadget pada anak:

1. Jadi contoh yang baik

Anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika Bunda terlihat sering bermain gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan ini. Jika ingin mengurangi waktu bermain gadget, maka Bunda sendiri juga mampu mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara bijak.

Jangan sampai Bunda melarang anak untuk bermain gadget, tapi Bunda sendiri masih terus menempel pada gadget. Larangan ini pasti tidak akan mempan.

2. Kurangi frekuensi bermain secara bertahap.

Jangan hentikan kebiasaan anak bermain gadget sekaligus. Cobalah menguranginya secara bertahap.

Penghentian sekaligus hanya akan membuat anak memberontak dan marah besar.

Coba kurangi dari yang biasanya 8 jam sehari, menjadi 6 jam sehari selama satu minggu, kurangi lagi menjadi 4 jam di minggu berikutnya, demikian seterusnya, hingga nantinya bisa mencapai kesepakatan untuk bermain gadget jika akhir pekan dengan waktu yang telah ditentukan, ya walaupun ini sulit tapi kita sebagai orang tua harus sabar dengan proses ini. Jadi kalo saya sekarang menerapkan peraturan untuk anak anak untuk hafalan satu surat perminggu atau minmal 6 ayat perminggu, ini tidak mudah lho tapi karena keinginan mereka yang kuat Alhamdulillah berhasil dan rata rata anak anak bisa menyelesaikan hafalan di hari keempat, maka mereka boleh pegang Hp di hari kamis sampe minggu karena hari senin ada hafalan baru lagi itupun penggunaannya tidak lebih dari 3 jam perhari.


3. Bersikap tegas

Kecanduan gadget yang membuat anak tantrum, memang sulit dihadap. Ingat, Bunda harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru di buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai Bunda iba dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget.

Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak tapi lakukan secara perlahan.


4. Sibukkan anak dengan berbagai aktivitas menarik.

Sediakan alternatif permainan pengganti, sehingga anak lebih menikmati aktivitas itu, daripada sekadar bermain gadget.

Permainan yang dipilih sarat dengan interaksi, komunikasi, kerja sama, dan lain-lain. Entah bermain kartu UNO, monopoli, bermain bola tangkap, atau sekedar berlari lari bersama keliling komplek.


5. Ajak Anak Berdiskusi

Cara lain untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak adalah dengan mengajak anak berdiskusi. Anggap saja anak-anak memiliki hak untuk mengetahui mengapa bermain gadget dalam waktu yang lama tidak diperbolehkan. Berikanlah penjelasan dengan berdiskusi apa bahaya dari bermain gadget dan apa kerugian yang akan disebabkan jika anak-anak anda hanya bermain gadget untuk menghabiskan waktunya. Hal ini kemudian diketahui mampu sedikit membuat anak mengerti alasan dibalik penggunaan gadget yang dilarang.

6. Berikan Semangat untuk Anak Anda

Orang tua yang sering memberikan support pada anaknya diketahui akan membuat anak-anak menjadi berperilaku lebih hangat. Anak-anak tidak akan terlalu kecanduan pada gadget, karena ada orang tua yang sering memberinya semangat dan dukungan. Oleh sebab itu, orang tua sangat disarankan untuk tetap mengetahui informasi yang berkaitan dengan anaknya dan terus mendukung proses-proses dalam hidupnya.
Mungkin cukup disini dulu sharing saya tentang gadget dan anak anak, dan semoga membantu Bunda bagi anak anaknya yang sedang kecanduan gadget saat ini.
Semoga anak anak kita tumbuh menjadi Generasi yang Membanggakan ya Bund...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian  -  Bunda, Pernah dengar Faltering Growth?? Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan???  Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Menyikapinya... Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan ag

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian  - Halooo Bunda.. Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund? jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri. SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan. Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dan SGM Aktif ini hadi