Langsung ke konten utama

Festival Anak Sholeh 2018 Semarang Barat Mendidik Para Generasi Penerus Menjadi Anak Yang Sholeh, Faqih, Mandiri Dan Berakhlak Mulia

Jendela Arlian - Selamat Tahun Baru Bunda...

Ini adalah artikel pertama saya di tahun 2019, Semoga kedepannya semakin lebih baik dan menginspirasi para Bunda Bunda Tersayang semua ya...


FAS ( Festival Anak Sholeh )

Festival Anak Sholeh 2018 Semarang Barat
Festival Anak Sholeh 2018 Semarang Barat 

Kemarin Selasa tanggal 25 Desember 2018, Ada FAS atau Festival Anak Sholeh yang diadakan sebagai evaluasi atas pembelajaran anak anak dalam menuntut ilmu agama di masing masing TPQ mereka yang bertujuan untuk menggali potensi, sekaligus mengembangkan bakat para generasi penerus.

Acara Festival Anak Sholeh yang diikuti oleh anak anak usia 15 tahun kebawah ini diadakan 2 tahun sekali, yang bergantian dengan acara PORSIYAS yang diikuti remaja usia 15 tahun keatas.

Jadi di tahun 2018 kemarin adalah giliran acara lomba yang diadakan oleh anak usia 15 tahun kebawah, Dan waktu ada sekitar 1000an Anak dari 39 TPQ se Semarang Barat mengikuti berbagai lomba dari acara Festival Anak Sholeh ini.
Festival Anak Sholeh 2018 Semarang Barat
Festival Anak Sholeh 2018 Semarang Barat 

Jenis Jenis Perlombaan Yang Diadakan


NO
NAMA KEGIATAN
USIA
1
Lomba Mewarnai Pa – Pi

Maksimal usia 7 tahun ( kelahiran 2011 )
2
Lomba Melengkapi Gambar Pa – Pi

Maksimal usia 10 tahun ( kelahiran 2008 )
3
Lomba Kaligrafi Pa – Pi

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
4
Lomba Adzan Pa

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
5
Lomba Hasta Karya

Maksimal usia 15 tahun ( kelahiran 2003 )
6
Lomba Asmaul Husna Pa – Pi

Maksimal usia 6 tahun ( kelahiran 2012 )
7
Lomba Nasehat Pa – Pi

Maksimal usia 15 tahun ( kelahiran 2003 )
8
Lomba Rengking Satu

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
9
Lomba Hafid Juz 30 Pa – Pi

Maksimal usia 15 tahun ( kelahiran 2003 )
10
Lomba Do’a- Do’a Pa – Pi

Maksimal usia 10 tahun ( kelahiran 2008 )
11
Lomba pegon Pa – Pi

Maksimal usia 10 tahun ( kelahiran 2008 )
12
Lomba Rangkaian Sholat Pa – Pi

Maksimal usia 9 tahun ( kelahiran 2009 )
13
Lomba Futsal

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
14
Lomba PASANGGIRI Pa

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
15
Lomba Cerita Islami Pa dan Pi

Maksimal usia 12 tahun ( kelahiran 2006 )
16
Bazar

Umum


Jadi setiap anak mengikuti lomba sesuai dengan usianya masing masing.


Usaha Demi Hasil Yang Membanggakan 

Pemenang Lomba Cerita Islam FAS 2018 Semarang Barat
Pemenang Lomba Cerita Islam FAS 2018 Semarang Barat

Dan TPQ kami yang bernama Bahana Anak Muslim juga mengikuti acara tersebut, termasuk juga Kak Verda dan Dek Zerli dan sesuai usianya Dek Zerli tahun ini masih bisa mengikuti lomba mewarnai yang kuota peserta terbanyak karena selain Mewarnai dan Melengkapi setiap TPQ hanya boleh mengirimkan satu peserta yang telah lolos seleksi dan setiap TPQ hanya diambil satu peserta putra dan satu peserta putri, dan Kak Verda tahun ini mengikuti 3 perlombaan yaitu Cerita Islami Putri, Rangkaian Sholat Putri dan Rengking Satu yang terdiri 3 orang per TPQ.

Laverda Pemenang Lomba Cerita Islami FAS 2018 Semarang Barat
Laverda Pemenang Lomba Cerita Islami FAS 2018 Semarang Barat

Semua hasil yang memuaskan itu memang perlu usaha yang gigih, dan latihan yang dilakukan Kak Verda selama kurang lebih sebulan setengah dengan mengorbankan sebagian waktu liburannya untuk berlatih Alhamdulillah membuahkan hasil yang membanggakan, kak Verda berhasil meraih juara 3 lomba Cerita Islami dan Juara harapan 3 lomba Rangkaian Sholat, 
Laverda Pemenang Lomba Cerita Islami FAS 2018 Semarang Barat
Reward dari Masjid TPQ Bahana Anak Muslim

Ya bagi kami orang tuanya itu sudah cukup membanggakan karena semua memang perlu proses jadi tidak perlu muluk muluk mengharap yang lebih dari itu yang penting mereka sudah mau berusaha dan belajar.Tutup 


Dan dari hasil tersebut selain medali kak Verda juga dapat reward dari TPQ yaitu uang Rp. 200.000,- dari 2 kejuaraan yang diraihnya, mungkin inilah yang benar benar dinamakan Rejeki Anak Sholehah hihihi.

Reward Dari Masjid TPQ Bahana Anak Muslim
Reward Dari Masjid TPQ Bahana Anak Muslim

Semoga dari hasil ini bisa dijadikan cambuk untuk agar anak anak lebih termotivasi untuk lebih berprestasi tak hanya urusan dunia tapi juga untuk urusan akhiratnya, dan momen ini memang bertujuan untuk pembinaan generasi muda agar bisa menyaring bahkan menjadi benteng terhadap pengaruh-pengaruh buruk yang timbul di era digital ini. Dengan memulai pembinaan sejak usia dini dari acara ini diharapkan anak anak di usia ini akan menjadi anak yang soleh, alim, faqih dan bisa mandiri.


Semoga cerita tentang FAS ini bisa menginspirasi dan sebagai pengingat kita sebagai orang tua untuk selalu mendidik anak anak menjadi pribadi yang unggul di segala bidang baik pendidikan dunia ataupun pendidikan akhiratnya. 


Terimakasih Bunda....

.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil