Langsung ke konten utama

Gizi Tepat Anak Usia 5 - 12 Tahun Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Tumbuh Kembangnya

Jendela Arlian - Apa Kabar Si Kecilnya Bunda???

Semoga Makin sehat dan Menggemaskan ya Bund..

Memberi makanan dengan gizi seimbang sejak dini membantu tumbuh kembang anak lebih maksimal di kemudian hari.

mulailah mengenalkan menu beragam setiap harinya. Mulai dengan nasi, lauk, buah-buahan dan sayuran, seperti bayam, wortel, jagung.

Berikan nasi sebanyak tiga kali dalam sehari, juga susu sebagai sumber kalsium.

Anak-anak usia 5-12 tahun sudah tahu makanan apa yang diinginkan dan sering makan di luar rumah. Pengaruh dari teman dan iklan juga mulai mempengaruhi anak dalam memilih makanan. Meski begitu kita sebagai orangtua tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi agar tumbuh kembang anak menjadi sempurna.

Gizi Tepat Buat Anak Sehat Dan Aktif
Gizi Tepat Anak Usia 5 - 12 Tahun Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Tumbuh Kembangnya

Meskipun pertumbuhan anak usia 5-12 tahun lebih lambat dari pada masa balita, Namun anak usia ini masih memiliki kebutuhan gizi yang tinggi, tetapi selera makannya makin menurun. Jadi Kita sebegai orang tua harus bijak dalam memberikan makanan kesukaan anak, kita harus pintar-pintar memilih makanan terutama jajanan untuk anak yang kaya akan nutrisi dan energi. Anak-anak usia 5-12 tahun masih membutuhkan energi yang tinggi untuk pertumbuhan dan aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan terlalu berlebihan, hal itu akan mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas. Jika memiliki anak yang kelebihan berat badan, Bunda harus dapat mendorong supaya anak benar-benar beraktivitas fisik bisa dengan olahraga seperti sepak bola, bersepeda, berenang, atau dengan berolahraga yang lain.


Untuk Itu Sebaiknya Bunda :


1. Berikan makan 3 kali sehari secara teratur, dengan tambahan cemilan di antara sarapan pagi dan makan siang, di antara makan siang dan makan malam.
2. Berikan makanan ringan atau camilan yang bergizi yang tidak terlalu banyak mengandung lemak dan gula.
3. Siapkan bekal anak ke sekolah, dengan makanan yang tepat bernutrisi gizi tepat dan sehat.
4. Ajak anak agar sering beraktivitas secara fisik,misalnya lari kecil bersama anak, bersepeda bersama, berenang bersama, atau olahraga lain. Dorong anak untuk lebih aktif secara fisik meskipun tanpa orang tua.


Dan Berikut Komponen Makanan Yang Dibutuhkan Dalam Proses Tumbuh Kembang Anak



1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral terpenting untuk perkembangan tulang yang sehat.
Manfaat kalsium untuk mempromosikan perkembangan saraf dan fungsi otot, membantu pembekuan darah, serta mengaktifkan enzim yang bisa mengubah makanan menjadi energi.
Sumber yang baik dari kalsium yaitu produk susu seperti susu, keju, yoghurt, jus jeruk yang diperkaya, sayuran berdaun hijau, sereal, biji wijen, dan tahu. Anak idealnya harus mendapatkan 3 porsi makanan kaya kalsium per hari, misalnya segelas susu 150 ml, yoghurt dan sepotong kecil keju.

2. Folat

Folat penting untuk pertumbuhan anak, tetapi masih sering terjadi asupan rendah pada beberapa anak, terutama terjadi pada anak yang sering melewatkan sarapan. Dan sereal merupakan sumber yang baik dari folat. Sumber-sumber lain termasuk roti, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. Asam folat berperan pada proses sintesis DNA, RNA, dan protein. Kekurangan asam folat bisa menimbulkan anemia megaloblastik. Asam folat dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi yang disebabkan oleh kelainan pertumbuhan susunan saraf. Asam folat dapat diperoleh dari susu dan serela yang difortifikasi, atau sumber makanan seperti ragi, hati, ginjal, kacang hiaju, sayur-sayuran berwarna hijau, kembang kol, dan brokoli.


3. Zat Besi

Zat besi termasuk Mineral yang membantu menjaga sel-sel darah merah yang sehat. 
membantu metabolisme protein, dan berperan dalam produksi hemoglobin. Manfaat zat besi juga membantu meningkatkan daya tahna tubuh sehingga membuat anak kuat dalam melawan infeksi.
Untuk membantu menyerap zat besi lebih efektif dari sumber-sumber makana non daging, dapat dikombinasikan dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk dan jus buah. 

4. Lemak Dan Gula

Yang Termasuk makanan ini seperti mentega, minyak goreng, gula, biskuit, kue, keripik, permen, es krim, coklat, dan minuman manis. Tapi ingat ya Bund, makanan ini tidak boleh dimakan terlalu sering.

Makanan ini juga hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah kecil. Karena makanan tersebut sarat dengan kalori, lemak dan gula dan kurang mengandung banyak vitamin dan mineral

Membatasi makanan dan minuman manis pada anak juga bisa menurunkan risiko gigi berlubang. Batasi jumlah gula dan permen yang dimakan oleh anak. Beberapa minuman bebas gula juga bisa menyebabkan gigi berlubang karena keasamannya. Minuman yang paling baik di antara waktu makan adalah Susu atau Air.


Demikian dulu ya Bunda sharing nya semoga bermanfaat dan bisa menjadikan panduan untuk kita dalam pemberian Gizi tepat untuk putra putri kita yang sedang bertumbuh kembang dan aktif dalam kegiatannya diluar.
Tetap syemangat ya Bund, dalam mendidik anak anak kita demi menjadi Generasi Yang Hebat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian  -  Bunda, Pernah dengar Faltering Growth?? Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan???  Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Menyikapinya... Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan ag

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian  - Halooo Bunda.. Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund? jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri. SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan. Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dan SGM Aktif ini hadi