Langsung ke konten utama

4 Cara Tepat Melatih Anak Menjadi Pemberani

Jendela Arlian - Halooo Bunda...

Menyenangkan sekali ya Bund, jika punya anak anak yang sehat, ceria dan pemberani. Tapi tentunya semua itu butuh proses ya Bund, dan proses itulah yang seharusnya kita pelajari agar anak anak bisa tumbuh hebat menjadi pemberani secara alami tanpa merasa adanya paksaan dan tekanan.

Membiarkan anak anak memilih kegiatan yang mereka sukai adalah salah satu cara untuk membuat mereka percaya diri dan tentunya tetap dalam pengawasan orang tua karena segala kegiatan yang disukai pastilah dilakukan dengan senang hati seperti juga halnya melatih mental. Penting untuk di ketahui, bahwa ada perbedaan antara sifat pemalu juga penakut yang dimiliki oleh anak-anak. Dan terkadang, kedua hal tersebut hampir sama dan sulit untuk kita bedakan, namun sebenarnya jelas, kedua hal tersebut berbeda, anak pemalu akan merasa tidak nyaman ketika berada di tengah lingkungan yang baru, namun ketika mereka mulai saling mengenal dan mulai akrab, maka ia tidak akan lagi canggung dengan kondisi tersebut. Sedangkan anak penakut, umumnya tidak ingin tampil atau bahkan tidak ingin beraktivitas lebih banyak, karena mereka merasa kalau dirinya kurang memiliki bakat, kurang percaya diri dengan apa yang mereka lakukan, bahkan mereka cenderung merasa kurang cerdas.

Naik ATV Di Kampoeng Kopi Banaran Bawen
4 Cara Tepat Melatih Anak Menjadi Pemberani


Sebenarnya ada cara dan juga langkah-langkah yang perlu dilakukan orang tua kepada anak, sehingga anak nantinya bisa memiliki sikap yang berani dan menjadi lebih percaya diri, dan lebih mudah juga untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan juga tempat baru yang dia singgahi. 

Berikut berbagai treatment yang tepat untuk menumbuhkan jiwa pemberani pada anak: 

1. Berikan contoh

Apapun yang dilakukan kita sebagia orangtua, pastinya akan dicontoh oleh si buah hati. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus memastikan melakukan hal-hal yang positif untuk ditirukan oleh si kecil.

Sebagai contoh Jika kita mau anak anak berani naik ATV maka sebisa mungkin kita sebagai orang tua harus berani mencoba juga walaupun sebenarnya kitapun takut dan cobalah untuk melawan rasa takut tersebut. Kemudian, tunjukkanlah pada anak bahwa kita sudah berani untuk mencoba naik ATV walaupun penuh dengan perjuangan, Tapi setidaknya anak anak sudah melihat ada keberanian yang bisa mereka tiru.
Naik ATV Di Kampoeng Kopi Banaran Bawen
Naik ATV Di Kampoeng Kopi Banaran Bawen


2. Mancoba Hal Baru

Sebagai orang tua untuk dapat menumbuhkan mental berani pada anak adalah dengan mendorongnya agar mau mencoba hal yang baru. Dalam hal ini rasa keberanian pada anak akan muncul dengan sendirinya. tanamkan pada anak bahwa dia tidak usah khawatir dengan apapun resiko yang nanti akan dihadapinya.

Misalnya ajak anak ke tempat wisata dengan wahana yang belum pernah mereka coba dan ajak anak untuk mencoba wahana tersebut tetapi tetap dengan memberi pengertian sebelumnya dan jangan memaksa anak, cukup perlihatkan saja ketika anak lain berani mencoba hal baru mereka tidak akan kenapa kenapa jadi mungkin dengan melihat dan pengertian dari kita orang tua mereka mau mencoba hal baru yang baru pertama mereka lihat.


3..Beri kepercayaan pada anak

Berikan kepercayaan pada anak bila dirasa sudah sanggup melakukannya. Kalau anak ingin mencoba untuk naik ATV sendiri jangan langsung melecehkannya. Berilah ia kepercayaan dan kesempatan untuk mencoba. Jangan terlalu khawatir anak akan jatuh ditengah jalan karena mungkin tidak bisa mengoperasikan dengan lincah tersebut, cukup awasi dan ikuti pergerakannya dari jauh. Kepercayaan yang diperoleh anak akan membuat keberanian dan kemandiriannya kian teruji.


4.Beri Pujian

Umumnya, insting utama yang dimiliki oleh orangtua yaitu untuk melindungi sang buah hati mereka. Akan tetapi, guna mengajarkan sikap dan sifat berani, maka harus mencoba untuk mengurangi sedikit keinginan untuk selalu melindunginya dimanapun dan kapanpun.

Kita bisa memberikan si kecil sedikit tantangan, seperti memintanya membeli sabun ke warung yang berada di sekitaran rumah tanpa di temani. Namun tetap mengawasi dan harus mewaspadainya dari kejuahan untuk memastikan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada buah hati, setelah ia kembali, jangan lupa Beri anak pujian seperlunya atau juga bisa memberi reward agar anak lebih tertantang lagi untuk menjadi seorang pemberani.


Demikian Bunda, mungkin bisa menginspirasi kita dalam mendidik anak anak menjadi Pemberani secara alami, ingat ya Bund, sebisa mungkin prosesnya secara alami tanpa memaksa anak agar mereka pun juga nyaman melakukannya.

Dan tetap semangat ya Bund, dalam menemani dan mendidik anak anak kita agar tumbuh menjadi Generasi Penerus yang bisa diandalkan.
























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil

Serunya Nonton Film Teachers di Stro TV

Jendela Arlian -Halloo Semua... Ada yang kangen nonton film di bioskop lagi? nobar film favorit bareng teman teman se geng? Duh, ngebayangin aja seru banget ya... Nah sekarang ga perlu cuma dibayangin aja langsung aja capcuus nobar serasa di bioskop bareng teman se geng di layanan streaming film yang bisa dinikmati selama di rumah aja. Dan salah satu film yang baru saja aku tonton adalah TEACHERS film ini disutradarai oleh Sarjono Sutrisno, yang merupakan salah satu original movie hasil kolaborasi SAS Film, SKYLAR PICTURES & STRO. Film ini dihadirkan khusus untuk STRO, sebuah aplikasi streaming film berbasis subscription (SVOD) dari Strorworld. Nggak cuma nonton film aja lho, aku juga dapat kesempatan mendengarkan cerita langsung dari para pemain, sutradara, produser dan STRO Vice President. Jadi Pada 8 Januari 2020 kemarin, Film TEACHERS diputar dalam Ajang Online  Virtual Screening Film Teachers bersama semua casts dan crew, serta tamu undangan dan peserta lainnya hingga mencap