Langsung ke konten utama

4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun

Jendela Arlian - Salam Jumpa Bunda..


Siapa disini yang buah hatinya berusia 5-12 tahun? 

Sama Bund, seperti saya yang punya dua anak cewek, Kak Verda usianya 9 tahun dan Dek Zerli usianya 7 tahun, Kadang suka bingung ya Bund stimulus dan Nutrisi apa saja yang diberikan untuk anak usia 5-12 tahun itu untuk tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Usia 5-12 tahun atau akhir masa kanak-kanak yang sering disebut juga dengan usia sekolah.dan anak usia ini sudah tahu makanan apa yang diinginkan dan sering jajan di luar rumah. Ya itu semua tak luput dari pengaruh teman dan iklan yang sedikit banyak mampu mempengaruhi anak dalam memilih makanan. Meskipun begitu Bunda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi anak agar tumbuh kembangnya menjadi sempurna.
Seperti yang kita ketahui pertumbuhan anak usia 5-12 tahun itu lebih lambat dari pada masa bayi, tapi anak usia sekolah ini masih memiliki kebutuhan gizi yang tinggi, walau selera makannya cukup kecil, Jadi kita para Bunda bijak mesti pintar pintar memilih makanan dan snack yang kaya akan nutrisi karena pilihan sekarang juga menentukan pilihan makanan yang di konsumsi anak anak ketika mereka dewasa nanti.

Jadi pemberian nutrisi yang tepat untuk anak usia tersebut bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan tumbuh kembang anak. Karena itu, Bunda perlu memberikan nutrisi yang tepat agar buah hati bisa tumbuh dan berkembang secara optimal dan bisa terus mengasah dan mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya. 

4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun
4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun


Nutrisi yang diperlukan itu apa saja?

1. Karbohidrat

Kenalkan beragam karbohidrat secara bergantian. Seperti nasi, roti, kentang,singkong atau sereal.

Karena Karbohidrat sebagai menu utama yang sangat dibutuhkan anak sebagai sumber energi jadi sebisa mungkin berikan karbohidrat terutama di menu sarapannya agar anak anak bisa aktif dan konsentrasi dalam belajar disekolahan, seperti Kak Verda dan Dek Zerli yang tak pernah melewatkan sarapan ketika akan berangkat sekolah.

Selain itu Karbohidrat juga bisa diolah sebagai makanan selingan atau bekal sekolah seperti puding roti atau donat kentang.

2. Protein

Contoh sumber protein seperti susu, ikan, daging, telur, tahu, tempe, dan kacang kacangan.

Karena fungsi protein sebagai pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan jaringan tubuh, maka nutrisi satu ini mesti ada di hidangan buah hati Bunda ya.

3. Lemak

Bisa didapatkan dari minyak, santan, mentega, roti, alpukat, ikan dan kue yang

mengandung omega 3 dan 6. Bunda, lemak berperan penting untuk proses perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak jadi jangan pernah tinggalkan komponen nutrisi ini di menu sehari hari buah hati ya... 


4. Vitamin dan Mineral

Bunda bisa dapatkan dari berbagai macam buah buahan dan sayuran

Vitamin dan mineral ini berfungsi menjaga kesehatan anak dan mendukung funsi tubuh secara maksimal.

Jadi berikan di menunya setiap hari bisa diberikan dalam bentuk segar atau diolah menjadi jus.


Agar tumbuh kembang anak Optimal, Berikut pedoman yang bisa Bunda berikan pada Buah hati :

1. Makan 3 kali sehari secara teratur dengan makanan tambahan saat pagi dan sore hari atau sebelum tidur.
2. Mengusahakan anak memiliki makanan ringan bergizi.
3. Menyediakan bekal makan siang yang sehat untuk anak disekolah sebagai alternatif.
4. Mengajak anak untuk lebih aktif secara fisik.
5. Minum susu dua kali sehari

Semoga bisa membantu ya Bund, dalam pemenuhan nutrisi Buah Hati yang berusia 5-12 tahun, agar anak anak tumbuh sehat dan aktif selalu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merdeka Versi Keluarga Generasi Maju Ala Mombassador SGM Eksplor

Jendela Arlian - Halloo Bunda... Jumpa lagi dengan saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... š™†š™šš™¢š™šš™§š™™š™šš™ š™–š™–š™£ Vš™šš™§š™Øš™ž š™†š™šš™”š™Ŗš™–š™§š™œš™– š™‚š™šš™£š™šš™§š™–š™Øš™ž š™ˆš™–š™Ÿš™Ŗ Merdeka Versi Keluarga Generasi Maju Ala Mombassador SGM Eksplor Dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya ya Bund, tak ada kemeriahan sorak sorai perlombaan seperti tahun lalu, bahkan malam tirakatan yang biasanya di laksanakan di setiap tempat kali ini pun belum boleh dilaksanakan, Ini semua karena adanya pandemi yang terjadi saat ini.  Banyak hal yang terlewat dan tidak bisa kita rayakan di pendemi ini, tapi kita tidak boleh terpuruk dan sedih lho Bund, jadi apapun yang terjadi kita tetap harus semangat demi anak anak Generasi Maju kita agar mereka bisa menjadi yang terbaik Dan tentu saja anak-anak juga kangen suasana l

Penyebab Anak Picky Eater Dan Cara Mengatasinya

Jendela Arlian - Apa kabar Bunda? Masih menghadapi anak yg pilih pilih makanan?Kadang kita sering jengkel juga mengapa anak suka pilih-pilih makanan, atau maunya makan makanan yang tidak disajikan di meja makan. Jika kita tidak menurutinya, anak menolak untuk makan. Jika kita menurutinya, kita akan repot memasak lagi makanan lain ataupun membeli makanan yang diminta oleh anak. Anak yang terlalu pemilih dan hanya mau makan dengan makanan yang itu-itu saja disebut juga dengan picky eater. Jika kemauannya selalu dituruti bisa berpengaruh pada kurangnya asupan nutrisi. Anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater akan selalu mecari kegiatan lain untuk menghindari menu makanan yang tidak mereka sukai. Picky eater lebih sering terjadi pada anak usia prasekolah atau balita. Karena di usia tersebut, anak mengalami perkembangan psikis yang komplek misalnya menjadi lebih mandiri, dapat berinteraksi dengan lingkungannya, serta lebih dapat mengekspresikan emosinya. Sifat perkembang

Ibu Warung Anak Sehat Tetap Produktif Di Masa Pandemi Dengan Teknologi Digital

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Tak terasa sudah 7 Bulan lebih masa pandemi ini kita lalui ya Bund, Dan pastinya kita semua juga tahu tidak mudah melalui masa masa itu, termasuk saya juga lho Bund, tapi kita semua juga harus yakin bahwa ada pelangi setelah hujan dan seperti itulah juga nantinya akan ada kebahagiaan dan hikmah lebih yang akan kita terima setelah melalui berbagai kesulitan ini... Jadi kita harus selalu optimis ya Bund. Sebagai Ibu rumah tangga, kita pun harus juga bisa membuktikan bahwa kita mampu lho Bund, mungkin selama dirumah banyak dari para Bunda yang sudah berdikari dan membuktikan bahwa sebenarnya kitapun punya potensi untuk bisa mendapatkan penghasilan, dengan berjualan misalnya. Nah, banyak lho Bund yang sudah membuktikan bahwa dengan berjualan ternyata perempuan pun bisa mandiri dengan mendapatkan penghasilan sendiri, dan jenis barang yang kita jual pun bisa beraneka macam sesuai dengan hobi dan skill kita. Dan untuk kelancaran penjualan produk kita tentunya