Langsung ke konten utama

4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun

Jendela Arlian - Salam Jumpa Bunda..


Siapa disini yang buah hatinya berusia 5-12 tahun? 

Sama Bund, seperti saya yang punya dua anak cewek, Kak Verda usianya 9 tahun dan Dek Zerli usianya 7 tahun, Kadang suka bingung ya Bund stimulus dan Nutrisi apa saja yang diberikan untuk anak usia 5-12 tahun itu untuk tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Usia 5-12 tahun atau akhir masa kanak-kanak yang sering disebut juga dengan usia sekolah.dan anak usia ini sudah tahu makanan apa yang diinginkan dan sering jajan di luar rumah. Ya itu semua tak luput dari pengaruh teman dan iklan yang sedikit banyak mampu mempengaruhi anak dalam memilih makanan. Meskipun begitu Bunda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi anak agar tumbuh kembangnya menjadi sempurna.
Seperti yang kita ketahui pertumbuhan anak usia 5-12 tahun itu lebih lambat dari pada masa bayi, tapi anak usia sekolah ini masih memiliki kebutuhan gizi yang tinggi, walau selera makannya cukup kecil, Jadi kita para Bunda bijak mesti pintar pintar memilih makanan dan snack yang kaya akan nutrisi karena pilihan sekarang juga menentukan pilihan makanan yang di konsumsi anak anak ketika mereka dewasa nanti.

Jadi pemberian nutrisi yang tepat untuk anak usia tersebut bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan tumbuh kembang anak. Karena itu, Bunda perlu memberikan nutrisi yang tepat agar buah hati bisa tumbuh dan berkembang secara optimal dan bisa terus mengasah dan mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya. 

4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun
4 Nutrisi Dan Pedoman Penting Untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal Anak Usia 5 - 12 Tahun


Nutrisi yang diperlukan itu apa saja?

1. Karbohidrat

Kenalkan beragam karbohidrat secara bergantian. Seperti nasi, roti, kentang,singkong atau sereal.

Karena Karbohidrat sebagai menu utama yang sangat dibutuhkan anak sebagai sumber energi jadi sebisa mungkin berikan karbohidrat terutama di menu sarapannya agar anak anak bisa aktif dan konsentrasi dalam belajar disekolahan, seperti Kak Verda dan Dek Zerli yang tak pernah melewatkan sarapan ketika akan berangkat sekolah.

Selain itu Karbohidrat juga bisa diolah sebagai makanan selingan atau bekal sekolah seperti puding roti atau donat kentang.

2. Protein

Contoh sumber protein seperti susu, ikan, daging, telur, tahu, tempe, dan kacang kacangan.

Karena fungsi protein sebagai pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan jaringan tubuh, maka nutrisi satu ini mesti ada di hidangan buah hati Bunda ya.

3. Lemak

Bisa didapatkan dari minyak, santan, mentega, roti, alpukat, ikan dan kue yang

mengandung omega 3 dan 6. Bunda, lemak berperan penting untuk proses perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak jadi jangan pernah tinggalkan komponen nutrisi ini di menu sehari hari buah hati ya... 


4. Vitamin dan Mineral

Bunda bisa dapatkan dari berbagai macam buah buahan dan sayuran

Vitamin dan mineral ini berfungsi menjaga kesehatan anak dan mendukung funsi tubuh secara maksimal.

Jadi berikan di menunya setiap hari bisa diberikan dalam bentuk segar atau diolah menjadi jus.


Agar tumbuh kembang anak Optimal, Berikut pedoman yang bisa Bunda berikan pada Buah hati :

1. Makan 3 kali sehari secara teratur dengan makanan tambahan saat pagi dan sore hari atau sebelum tidur.
2. Mengusahakan anak memiliki makanan ringan bergizi.
3. Menyediakan bekal makan siang yang sehat untuk anak disekolah sebagai alternatif.
4. Mengajak anak untuk lebih aktif secara fisik.
5. Minum susu dua kali sehari

Semoga bisa membantu ya Bund, dalam pemenuhan nutrisi Buah Hati yang berusia 5-12 tahun, agar anak anak tumbuh sehat dan aktif selalu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe

Jendela Arlian -Hallo Semua Apa kabarnya nih? semoga selalu semangat dan semakin bahagia ya..  Meskipun di masa pandemi ini merwawat tubuh dan kecantikan diri jangan sampai terlupakan ya, dan akupun juga selalu merawat rambut hitamku lho, meskipun berhijab tapi kesehatan rambut tetap jadi prioritas supaya tetap nyaman selalu saat berhijab. Berarti mesti ke salon perawatan rambut dong kalo mo treatment? ngga juga... aku pake shampo andalan buat perwatan rambutku selama di rumah aja, Nah penasaran khan shampo yang bisa melindungi rambut berhijab kita... Yuk yuk yuk simak disini Perawatan Rambut Simple Selama Di Rumah Aja Jadi selama dirumah aja hal hal berikut ini bisa dilakukan untuk merawat rambut kita: Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Dan Berketombe Bersama Mylea Keramas dengan menggunakan shampoo, dan shampo andalan aku adalah Mylea Anti Dandruff Hair Shampo  Selesai keramas kemudian bilas, dan lanjutkan pakai Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask. Tunggu 5 menit kemudian bil