Langsung ke konten utama

5 Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak - Anak Di Masa Sekarang

Jendela Arlian - Jumpa Lagi Bundaa...

Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru dan pastinya Si Kecil yang sudah cukup usia mulai dengan pemilihan sekolah baru khan Bund.
Saat ini banyak sekali sekolah yang tersedia untuk anak-anak. Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, metode belajar dan cara pengajaran, serta nilai-nilai yang berbeda.

Dan setiap orang tua pastinya juga menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk pendidikan yang merupakan modal anak dalam meraih cita-cita di masa depan. Banyaknya sekolah dengan berbagai penawaran pendekatan belajar yang berbeda-beda saat ini justru sering membuat orang tua bingung untuk memilih sekolah yang baik untuk anaknya.

Kenyataanya dalam memilih sekolah anak, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ya Bund, Selain masalah biaya, letak sekolah, juga kemampuan anak harus menjadi hal yang dipertimbangkan.

Di masa sekarang ini, dalam memilih sekolah tidak hanya sekedar fasilitas sekolah untuk anaknya saja, Karena pemilihan sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.
Karena di sekolah anak anak tidak hanya belajar semata, tapi di sekolah juga akan menjadi tempat bersosialisasi bagi anak. Anak akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah, termasuk pada usia emasnya di mana pertumbuhan dan perkembangannya sedang dalam masa terbaik.


SDN Wonotingal 01 Semarang
5 Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak - Anak Di Masa Sekarang



Oleh karena itu Bunda harus mempertimbangkan beberapa hal penting dalam pemilihan sekolah, Yakni sebagai berikut:




1. Karakter Anak
Dalam memilih sekolah diusahakan sesuai dengan karakter anak kita. Sehingga anak bisa lebih fun berada di sekolah. Misalnya saja, untuk anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam. Jangan sampai Bunda memilih jenis sekolah yang bertolak belakang dengan sifat anak. Sebab hal ini bisa saja membuatnya tidak betah dan malas bersekolah. Mengenal karakter dan kebutuhan anak juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah, Hal ini yang nantinya akan menentukan Jam belajar yang diterapkan untuk anak dengan menyesuaikannya kondisi dan minat si kecil


2. Pertimbangkan Kualitas Tenaga Pengajarnya
Karena tenaga pengajar itu akan menjadi pengganti orang tua selama anak berada di sekolah. Oleh sebab itu, Bunda harus memastikan si kecil dididik oleh guru yang memiliki kedekatan dengan anak-anak dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyampaikan pelajaran. Sehingga, anak dapat menyerap materi yang disampaikan dengan maksimal dan Bunda juga merasa aman meninggalkan si kecil di sekolah bersama gurunya. Untuk mengetahui kualitas guru adalah dengan mengikuti trial class yang sering diadakan oleh sekolah.


3. Kondisi Sekolah dan Lingkungan di Sekitarnya
Karena Anak akan menghabiskan waktu yang panjang di sekolah sehingga penting untuk Bunda memilih sekolah dengan lingkungan yang nyaman dan aman untuknya. Bukan hanya itu saja, kebersihan lingkungan sekolah dan fasilitas di dalamnya juga patut di cermati dengan baik, seperti kebersihan toilet, kantin, dan kondisi bangunan kelas. Hal ini bukan hanya akan memengaruhi kualitas belajar si kecil saja, tetapi juga kesehatan dan kenyamanannya dalam belajar.


4. Pertimbangkan Pilihan Anak
Alangkah baiknya Bunda juga mempertimbangkan sekolah pilihan anak. Libatkan anak dalam memilih sekolah, agar dia merasa memiliki andil dalam masa depannya, dengarkan keinginan anak dan berdiskusilah dengannya agar Bunda punya gambaran sekolah yang tepat untuknya. Jelaskan keinginan orangtua pada anak. Jika bisa berkompromi, maka lebih baik.


5. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

komponen biaya yang harus kita perhatikan dengan saksama adalah besaran biaya yang dikeluarkan setiap bulannya seperti SPP, biaya makan siang, biaya antar-jemput, biaya ekstrakurikuler pilihan. Begitu juga dengan biaya tahunan sekolah seperti biaya kegiatan tahunan, biaya buku untuk setahun. Perhatikan benar benar komponen keuangan tersebut karena sekolah tidak selesai dalam satu atau dua tahun saja. Itulah mengapa sangat penting bagi Bunda untuk menyesuaikan kemampuan keuangan dan mempersiapkan biaya sekolah hingga si kecil menyelesaikan jenjang sekolah tertingginya kelak. Hitung dan rencanakan dengan baik supaya Bunda bisa menyekolahkan si kecil hingga ke bangku kuliah nanti.



Semoga tips ini membantu buat Bunda yang masih mencari sekolah untuk buah hatinya, dan yang paling penting adalah ketahui potensi kecerdasan anak sedini mungkin. Agar bisa mendorongnya meraih prestasi di bidang yang ia kuasai.

#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
Aku Anak SGM



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serum Pencerah Wajah Terbaik Yang Jadi Idaman Setiap Perempuan Ya Pond's Triple Glow Serum dan Mask

Haloo Apa Kabar semua? semoga selalu sehat dan bahagia ya... Perempuan itu pasti sangat care dengan kesehatan kulit dan pastinya ingin punya wajah yang terawat, termasuk saya. Nah Menggunakan  Serum Pencerah wajah terbaik adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit dan punya Wajah Terawat.    Setelah mencoba berbagai produk serum pencerah wajah, Akhirnya saya jatuh cinta pada Pond's Triple Glow Serum dan Mask. Karena hanya produk ini yang benar benar nyata buktinya dengan memberikan triple manfaat yaitu, mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan . Apa Sih Manfaat Serum Pencerah Wajah? Menggunakan serum pencerah wajah dapat membuat wajah jadi lebih cerah juga bisa menghidrasi kulit, mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Wahh ternyata banyak juga  manfaat Serum Pencerah Wajah itu. Tetapi perlu diingat juga manfaat ini akan berbeda untuk setiap bahan serum pencerah wajah yang kita gunakan. Untuk itu ada baiknya gunakan serum pencerah wajah yang bisa

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda... Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju. Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya... Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda? Sama seperti Zerli nih, Bund... Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri Anak Mandiri Anak Generasi Maju Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan  Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali c

Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju

Jendela Arlian - Halooo Bunda... Apa Kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya bund.. Dan tentunya juga buah hati selalu sehat dan aktif, karena inilah yang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi para Bunda melihat buah hati nya yang selalu sehat dan aktif jadi Anak Generasi Maju seperti anak anak saya. Masih ingat dengan cerita saya tentang Mombassador SGM Eksplor Bund? sebuah komunitas yang luar biasa ini yang membuat saya menjadi semakin berkembang dan selalu berpikiran positif untuk bisa menebar kebaikan dan menjadikan anak anak saya Anak Generasi Maju Menjadi Mombassador SGM Eksplor Adalah Sebuah Pengalaman Berharga Dalam Hidupku Untuk Menjadikan Buah Hatiku Anak Generasi Maju Awalnya tahu tentang Mombassador SGM Eksplor itu dari Facebook Aku Anak SGM yang saat itu masih dengan istilah Temu Bunda dan ketika tahu ada pemilihan mombassador SGM Eksplor, saya pun segera mendaftar dan Alhamdulillah langsung terpilih menjadi salah satu dari Bunda