Langsung ke konten utama

5 Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak - Anak Di Masa Sekarang

Jendela Arlian - Jumpa Lagi Bundaa...

Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru dan pastinya Si Kecil yang sudah cukup usia mulai dengan pemilihan sekolah baru khan Bund.
Saat ini banyak sekali sekolah yang tersedia untuk anak-anak. Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, metode belajar dan cara pengajaran, serta nilai-nilai yang berbeda.

Dan setiap orang tua pastinya juga menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk pendidikan yang merupakan modal anak dalam meraih cita-cita di masa depan. Banyaknya sekolah dengan berbagai penawaran pendekatan belajar yang berbeda-beda saat ini justru sering membuat orang tua bingung untuk memilih sekolah yang baik untuk anaknya.

Kenyataanya dalam memilih sekolah anak, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ya Bund, Selain masalah biaya, letak sekolah, juga kemampuan anak harus menjadi hal yang dipertimbangkan.

Di masa sekarang ini, dalam memilih sekolah tidak hanya sekedar fasilitas sekolah untuk anaknya saja, Karena pemilihan sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.
Karena di sekolah anak anak tidak hanya belajar semata, tapi di sekolah juga akan menjadi tempat bersosialisasi bagi anak. Anak akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah, termasuk pada usia emasnya di mana pertumbuhan dan perkembangannya sedang dalam masa terbaik.


SDN Wonotingal 01 Semarang
5 Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak - Anak Di Masa Sekarang



Oleh karena itu Bunda harus mempertimbangkan beberapa hal penting dalam pemilihan sekolah, Yakni sebagai berikut:




1. Karakter Anak
Dalam memilih sekolah diusahakan sesuai dengan karakter anak kita. Sehingga anak bisa lebih fun berada di sekolah. Misalnya saja, untuk anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam. Jangan sampai Bunda memilih jenis sekolah yang bertolak belakang dengan sifat anak. Sebab hal ini bisa saja membuatnya tidak betah dan malas bersekolah. Mengenal karakter dan kebutuhan anak juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah, Hal ini yang nantinya akan menentukan Jam belajar yang diterapkan untuk anak dengan menyesuaikannya kondisi dan minat si kecil


2. Pertimbangkan Kualitas Tenaga Pengajarnya
Karena tenaga pengajar itu akan menjadi pengganti orang tua selama anak berada di sekolah. Oleh sebab itu, Bunda harus memastikan si kecil dididik oleh guru yang memiliki kedekatan dengan anak-anak dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyampaikan pelajaran. Sehingga, anak dapat menyerap materi yang disampaikan dengan maksimal dan Bunda juga merasa aman meninggalkan si kecil di sekolah bersama gurunya. Untuk mengetahui kualitas guru adalah dengan mengikuti trial class yang sering diadakan oleh sekolah.


3. Kondisi Sekolah dan Lingkungan di Sekitarnya
Karena Anak akan menghabiskan waktu yang panjang di sekolah sehingga penting untuk Bunda memilih sekolah dengan lingkungan yang nyaman dan aman untuknya. Bukan hanya itu saja, kebersihan lingkungan sekolah dan fasilitas di dalamnya juga patut di cermati dengan baik, seperti kebersihan toilet, kantin, dan kondisi bangunan kelas. Hal ini bukan hanya akan memengaruhi kualitas belajar si kecil saja, tetapi juga kesehatan dan kenyamanannya dalam belajar.


4. Pertimbangkan Pilihan Anak
Alangkah baiknya Bunda juga mempertimbangkan sekolah pilihan anak. Libatkan anak dalam memilih sekolah, agar dia merasa memiliki andil dalam masa depannya, dengarkan keinginan anak dan berdiskusilah dengannya agar Bunda punya gambaran sekolah yang tepat untuknya. Jelaskan keinginan orangtua pada anak. Jika bisa berkompromi, maka lebih baik.


5. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

komponen biaya yang harus kita perhatikan dengan saksama adalah besaran biaya yang dikeluarkan setiap bulannya seperti SPP, biaya makan siang, biaya antar-jemput, biaya ekstrakurikuler pilihan. Begitu juga dengan biaya tahunan sekolah seperti biaya kegiatan tahunan, biaya buku untuk setahun. Perhatikan benar benar komponen keuangan tersebut karena sekolah tidak selesai dalam satu atau dua tahun saja. Itulah mengapa sangat penting bagi Bunda untuk menyesuaikan kemampuan keuangan dan mempersiapkan biaya sekolah hingga si kecil menyelesaikan jenjang sekolah tertingginya kelak. Hitung dan rencanakan dengan baik supaya Bunda bisa menyekolahkan si kecil hingga ke bangku kuliah nanti.



Semoga tips ini membantu buat Bunda yang masih mencari sekolah untuk buah hatinya, dan yang paling penting adalah ketahui potensi kecerdasan anak sedini mungkin. Agar bisa mendorongnya meraih prestasi di bidang yang ia kuasai.

#GenerasiMaju
#MombassadorSGMEksplor
#SGMEksplor
Aku Anak SGM



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian  -  Bunda, Pernah dengar Faltering Growth?? Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan???  Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Menyikapinya... Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan ag

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian  - Halooo Bunda.. Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund? jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri. SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan. Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dan SGM Aktif ini hadi