Langsung ke konten utama

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

Jendela Arlian -Halloo Bunda...

Sharing sharing lagi yuk bareng saya Arri Widi Mombassador SGM Eksplor yang selalu berusaha dukung Si Kecil jadi Anak Generasi Maju.

Apa kabarnya Bunda dan Si Kecil? Semoga sehat dan bahagia selalu ya...
Apakah terkadang Si Kecil ingin melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan Bunda?
Sama seperti Zerli nih, Bund...
Dan sebaiknya kita sebagai Ibu memberi kesempatan dan membiarkan Si Kecil melakukan itu ya Bund, karena dengan begitu bisa mengajarkan Si Kecil mandiri
Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat
Anak Mandiri Anak Generasi Maju

Seperti Zerli yang selalu suka membereskan isi tasnya sendiri,dan memilih apa saja yang harus dibawa didalam tasnya, membersihkan sepatu sendiri dan yang bikin saya terharu itu kadang Zerli cuci bajunya sendiri juga, tentunya kita pun harus percaya dengan kemampuan si kecil, bahwa ia bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan 
Jadi Melatih Si Kecil memiliki rasa tanggung jawab dan dapat mandiri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari, itu banyak sekali caranya, dan inilah beberapa cara yang saya terapkan dalam pola asuh Si Kecil :

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat
Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

1. Membicarakan hal hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan bersama Si Kecil agar Si Kecil paham tentang sebuah aturan.
Bantu Si Kecil memahami alasan alasan kita menurut cara pandang mereka juga, mengapa sesuatu boleh dilakukan dan sesuatu memang tidak boleh dilakukan agar Si Kecil pun memahami aturan dengan begitu aturan aturan yang kita terapkan dapat dipahami dan dilakukan Si Kecil.

2. Menerapkan Reward dan Punishment.
Ketika Si Kecil melakukan hal yang benar dan sesuai aturan jangan ragu untuk beri reward, mulai dari pujian atau sesuatu yang bisa membuat Si Kecil bersemangat lagi untuk melakukan kebaikan, dan tentu saja ketika Si Kecil melakukan pelanggaran terhadap aturan kitapun juga perlu memberi punishment yang mengedukasi sebagai efek jera.

3. Memberi kesempatan pada Si Kecil untuk melakukan hal baru untuk bereksplorasi dan melakukan hal hal yang disukainya selama itu positif untuk melatih kemandiriannya, serta memberikan tugas tugas kecil dirumah untuk melatih tanggung jawab Si Kecil, misalnya setelah bangun tidur merapikan tempat tidurnya sendiri, menyapu kamar tamu di pagi hari.


Menanamkan kebiasaan kebiasaan baik kepada Si Kecil sedari dini akan membuahkan kepribadian yang mencerminkan sosok Anak Generasi Maju dengan 5 Potensi Prestasi nya yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembangnya, percaya diri, mandiri, serta supel sejak dini.
Inilah hal hal yang saya terapkan dirumah untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab Zerli karena dengan begini kemandiriannya akan terlatih, dan juga melatih stimulasi potensi prestasi mandirinya untuk jadi Anak Generasi Maju.

Selain menerapkan pola asuh yang baik pada Si Kecil, Memberikan stimulasi tepat pada Si Kecil juga sangat penting lho Bund, guna mendukung dan mengasah 5 Potensi Prestasi Si Kecil.
Dan Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan Si Kecil diantaranya yaitu

Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat
Pola Asuh Anak Generasi Maju Dengan Keluarga Yang Sehat

1. Berikan asupan makanan dan minuman bernutrisi, karena dengan makanan bergizi seimbang Si Kecil bisa tumbuh tinggi dan kuat.
2. Waktu tidur yang cukup, jadi Zerli ini jam tidurnya sudah teratur sejak dini, dia juga tidak pernah melewatkan jam tidur siang karena dengan begitu Si Kecil jadi fresh kembali untuk memulai aktivitas nya
3. Banyak melakukan aktivitas fisik
4. Mengajaknya berkomunikasi, karena komunikasi yang baik anatara Bunda dan Si Kecil bisa membuat nya tumbuh jadi anak yang percaya diri.
5. Lingkungan rumah terasa lebih nyaman dan aman, agar Si Kecil betah di rumah dan bisa berkreasi sesuai bakat minatnya dengan tenang.
Dan jangan lupa ya Bund tetap terapkan juga protokol kesehatan dan pola hidup bersih untuk keluarga dan Si Kecil 

Disamping itu semua tentu saja untuk lengkapi asupan nutrisi harian Zerli selalu saya berikan susu SGM Eksplor 5+ Complinutri 2 kali setiap hari di pagi setelah sarapan dan malam akan tidur.

Dan Jangan lupa ya Bund selalu update berita dari sumber yang terpercaya yang bisa Bunda lihat di www.generasimaju.co.id atau Bunda bisa juga hubungi Careline SGM di Nomor 0800 1 360 360 atau bisa di email di carelinesgm@sarihusada.co.id ya agar tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi, tumbuh kembang Si Kecil dan pola hidup sehat di masa Pandemi ini atau Bunda juga bisa pantau terus facebook Aku Anak SGM dan Instagramnya @akuanaksgm

Salam hangat buat Si Kecil ya.. Sehat selalu

Komentar

  1. Ah kak Zerly makin pinter aja nih. Sehat selalu ya, dan siap jadi anak generasi maju 😍

    BalasHapus
  2. Bermamfaat sekali pembahasannya untukku yg baru memiliki 1 anak makasih sharingnya ya ka

    BalasHapus
  3. Memberikan kesempatan si buah hati untuk bereksplorasi menjadikannya makin percaya diri & memiliki pengalaman yg tentunya baik ya! Maka dari itu kita ingin memberikan yg terbaik baginya, termasuk kebutuhan nutrisi & kesehatannya

    BalasHapus
  4. Reward dan punishment ini kadang masih bingung bagaimana, hehe. Apalagi untuk anak kecil usia 3 tahun. Kadang belum paham XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku yang simple simple aja bund yang penting paham kenapa di beri reward ato punishment tsb contohnya reward saya beri pelukan ketika Zerli ketika masih 3 tahunan, tanpa instruksi mau beresin mainan sendiri setelah mainan, punishment misalnya ga mau beresin mainan ya ga boleh mainan selama 2 hari yg penting reward punishment itu nyambung dan relation

      Hapus
  5. MashaaAllah.. Pinter ya si kakak.. Emang ya bun melatih anak mandiri sejak dini sangat lah baik sekali.. Aku juga sedang mencoba melatih anak-anak ku untuk mandiri sejak kecil.. Terima kasih ya bun

    BalasHapus
  6. Lingkungan aman dan nyaman tentu mendukung pola asuh anak. Apalagi di masa pandemi seperti iini ya bun. Semangat membersamai anak

    BalasHapus
  7. Setuju kak bagian melatih anak supaya mandiri. Soalnya aku masih rencana ini kalau punya anak nantinya mau dididik mandiri. Walaupun belum tau kapan hehe..

    Makasih sharingnya kak :)

    BalasHapus
  8. wah sangat bermanfaat sekali, ternyata menjadi orang tua itu ga mudah ya. banyak belajar dari sini. terima kasih

    BalasHapus
  9. Setuju banget sama tulisan ini. Mudah-mudahan saya pun bisa menerapkannya

    BalasHapus
  10. Penting banget memberi kesempatan pada anak untuk melakukan hal baru untuk bereksplorasi dan melakukan hal hal yang disukainya selama itu positif untuk melatih kemandiriannya. Ragam aktivitas ini bisa menjadi acuan mana aktivitas yang membuat anak berbinar melakukannya. Jadi tahu bakat anak di mana. jangan lupa minum SGM sebagai nutrisi tambahan.

    BalasHapus
  11. Di tengah pandemi kek gini jadi agak susah ngajakin diaaktivitas fisik. Huhuu bawaannya si kecil jadi mager banget gitu. Palingan kuajakin jalan ke pasar aja

    BalasHapus
  12. Kak Zerly ini sudah semakin pintar ya bund, semoga sehat selalu Kak Zerly ^^

    BalasHapus
  13. Mom aku mau tanya, untuk urusan reward dan punishment. Kadang aku masih bingung untuk urusan punishmentnya, kira-kira contohnya seperti apa ya, mom? apakah setiap punishment untuk usia 4 tahun atau 6 tahun sama? Untuk pengalaman mom buat kak zerly gimana mom? Terima kasih mom kalau berkenan menjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga mau menanyakan hal yang sama. soal reward dan punishment ini se urgent apa ya diterapkan pada anak? aku malah gak ada metode ini dalam pola pengasuhan anak - anakku

      Hapus
  14. Reward and punishment ini kudu ngati2 bgt krna salah penerapan efek nya ke mental anak ya mba

    BalasHapus
  15. Bangga deh sama kak Zherly juga sama bundanya. kayaknya aktifitas harian hingga jam tidur udah teratur banget. sehat selalu ya ..

    BalasHapus
  16. Bener banget mom kita harus bisa membuat aturan yang jelas ya buat anak-anak juga. Biar mereka juga hidup teratur. Kebiasaan dari kecil bisa terbawa sampai besar ya.

    BalasHapus
  17. wah pola asuh setiap keluarga memang memiliki pola yang berbeda ya mmbak, namunn pada dasarnya pasti ingin membangun generasi yang baik dan sehat lahir batin,.terus semangat membersamai putrinya ya mbak

    BalasHapus
  18. Hebat ya Kakak Zerli masih kecil sudah bisa mandiri, sehat terus ya kakak.. By the way anakku juga minum SGM loh bun, Salam generasi maju

    BalasHapus
  19. Keren kak Zerli, tumbuh kembang maksimal berkat Ibu yang luar biasa. Memang di zaman sekarang anak harus dibebaskan eksplor sekitar agar mandiri ya. Pelajaran bagus untuk menikah nanti

    BalasHapus
  20. Wuaaa ku bangga banget sama dek Zerli, sudah bisa mandiri ya dan dididik oleh bunda yang luar biasa. Bisa aku contoh nih mba ntar kaalu ada anak, hehehe pola asuh biar nggak salah kaprah. Makasih mba

    BalasHapus
  21. dengan polas asuh yang tepat dan juga gizi seimbang, plus rasa percaya diri yang tertanam, inysaAllah anak-anak akan menjadi generasi baik di masa depan.

    BalasHapus
  22. PR buat aq nih sebagai ibu yang anaknya msh balita butuh referensi banyak bgmna mendidik anak aplg di era digital skrg

    BalasHapus
  23. setuju sama pola reward dan punishment, tapi gatau nnti klo dah punya anak sndiri apa bisa kuat nih sebagai emak menerapkan pola gtu ke anak yang masih piyik, hihi

    BalasHapus
  24. Waktu mengajak anak bicara soal aturan, biasanya seperti apa Bunda triknya? Kita boleh nggak sih ya menceritakan soal pengalaman kita sendiri dalam mengikuti aturan dan tantangannya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak

Jendela Arlian - Haiii Bund.. Si Kecil sudah rutin minum susu dua kali sehari Bund? Alhamdulillah ya Bund kalo sudah bisa rutin seperti Zerli juga rutin minum susu SGM Eksplor 5 Plus, Kenapa SGM? Nah Bunda, kali ini saya mau sharing kenapa saya percaya susu SGM sebagai susunya anak anak yang memang sudah dikonsumsi sejak dari kecil hingga sekarang Zerli berusia 7 tahun Kebetulan saya juga termasuk salah satu Mombassador SGM Eksplor jadi saya ingin berbagi info tentang susu produksi lokal ini yang notabene telah dipercaya sejak 1965 sebagai produsen susu bayi. Dan sekarang juga sudah memproduksi Susu Bunda. Berbagai Manfaat Susu SGM Yang Menjadi Pilihan Bunda BIjak Mengapa SGM ? Sarihusada awalnya berdiri dengan nama NV Saridele dengan Pembuatan susu pertama masih berbahan baku kedelai.  Yogyakarta adalah kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pendirian pabrik Sari Husada karena saat itu banyak sumber kedelai di wilayah tersebut. Dan pada 2012,

Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan??? Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Cara Menyikapinya...

Jendela Arlian  -  Bunda, Pernah dengar Faltering Growth?? Semoga anak anak kita mengalami pertumbuhan yang normal dan sesuai umurnya ya Bund... Kali ini saya mau sharing tentang Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan Apa Itu Faltering Growth Atau Goncangan Pertumbuhan???  Yuk Bunda Kenali Faktor Dan Menyikapinya... Apa itu Faltering Growth atau Goncangan Pertumbuhan? Faltering Growth merupakan kondisi dimana pertumbuhan fisik anak sangat lamban dibandingkan dengan anak seusianya. Faltering Growth biasanya terjadi pada anak umur 0-6 bulan, Proses untuk menjadi seorang yang mengalami kegagalan pertumbuhan dimulai dari dalam rahim hingga anak berusia 2 tahun dengan tanda goncangan pertumbuhan massa tubuh maupun pertumbuhan linier, yang menjurus ke arah penurunan grafik bila dibandingkan dengan baku rujukan pertumbuhan. Anak yang tiga kali penimbangan berturut – turut tidak bertambah berat badannya merupakan tanda-tanda untuk segera mengambil tindakan pencegahan ag

SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya

Jendela Arlian  - Halooo Bunda.. Si Kecil nya Bunda senang beraktivitas di luar rumah kah Bund? jangan lupa selalu bekali nutrisinya dengan susu UHT yang mengandung omega 3 dan 6 ya bund, karena beraktivitas diluar itu banyak sekali mengeluarkan energi maka si kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar tetap selalu cerdas kreatis, supel dan mandiri. SGM Aktif Susu UHT yang Lengkap Kandungan Nutrisinya Sudah tahu kah Bunda SGM kini sudah punya susu UHT yang mempunyai kebaikan susu cair yang bernutrisi tinggi untuk melengkapi nutrisi si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan. Susu UHT tersebut dalam kemasan praktis lho Bund yaitu SGM Aktif adalah Minuman susu cair yang mengadaptasi kebaikan yang sama dengan susu bubuk SGM Eksplor untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil saat beraktivitas di luar rumah susu UHT ini juga mengandung Omega 3 & 6, Vitamin B, Vitamin C dan Zinc, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya. Dan SGM Aktif ini hadi